Pages

Monday, August 20, 2012

Pengobatan Apa yang Tepat untuk Infeksi Jamur di Penis?

Dokter, kira-kira 3 bulan ini saya terkena infeksi candida pada penis. Pada pengobatan awal saya diberi clotrimoxazole cream dan hydrocortisone 1 %. Yang ingin saya tanyakan apakah pengobatan yang saya terima sudah sesuai atau perlukah saya meminta obat lain seperti nystatin? Sebab saya mencari keterangan di internet, kok kebanyakan informasi menyarankan pemakaian nystatin cream. Terimakasih.

Stephan (Laki-laki Lajang, 32 Tahun), giamXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 165 Cm, Berat Badan 75 Kg

Jawaban

Infeksi jamur candida atau candidosis pada kepala penis memang keadaan yang cukup mengganggu, terutama akibat rasa gatal. Penggunaan krim-krim antijamur misalnya klotrimasol, miconazol, ketokonasol, nistatin, dll sangat membantu membasmi jamur.

Penggunaan hidrokortison pada kasus Anda mungkin untuk menghilangkan peradangan, namun penggunaan jangka panjang malah akan memicu jamur tumbuh lebih subur.

Yang penting untuk diketahui adalah candidosis lebih sering muncul pada orang dengan faktor predisposisi, yaitu faktor internal maupun eksternal yang memicu pertumbuhan jamur.

Faktor predisposisi ini antara lain kelembaban tinggi (akibat belum disirkumsisi, aktifitas fisik berlebihan), konsumsi antibiotik dan kortikosteroid jangka panjang, penyakit kencing manis dan turunnya imunitas tubuh. Untuk pengobatan secara komprehensif, tentu pengendalian faktor predisposisi merupakan keharusan.

dr. Susie Rendra, SpKK

1 comment:

Unknown said...

Selamat Malam,

Infeksi jamur dapat diobati dengan Propolis, kandungan propolis adalah Bioflavonoids (anti virus, bakteri dan jamur).

Saya distributor asli dan resmi dari Bandung.
Apabila ingin mendapatkan propolis bisa menghubungi saya di 085722973026
atau bisa klik www.meilibeautyshop.com

Terima Kasih
Best Regards
Meili