Saturday, August 18, 2012

Kaki Nyeri Seperti Ditusuk-tusuk Jarum

Dokter, saya merasakan nyeri seperti ditusuk-tusuk jarum di telapak kaki saya, dan saya juga sering kesemutan. Apakah ini pengaruh kemarin saya habis mendaki gunung Dok? Karena betis saya ikutan sakit, habis diurut karena sepulang mendaki ngilu semua kaki saya. Mohon jawabannya Dok, terimakasih sebelumnya.

Reyna Agusta
(Perempuan Menikah, 27 Tahun), ajeng010783@yahoo.com
Tinggi Badan 159 Cm dan Berat Badan 65 Kg


Jawaban
Rasa nyeri pada telapak kaki bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi, misalnya akibat peradangan sendi atau jaringan lunak, gangguan aliran darah, atau bisa juga disebabkan oleh gangguan saraf. Penyebab tersering nyeri kaki adalah gangguan saraf atau gangguan sendi kaki.

Saya sarankan Anda berkonsultasi ke dokter, untuk dilakukan pemeriksaan, bila perlu dengan menggunakan foto Rontgen atau MRI untuk mencari penyebab nyeri. Penatalaksanaan nyeri kaki tergantung dari penyebabnya, dapat menggunakan obat anti radang (golongan steroid ataupun non steroid) dan pada beberapa kasus dianjurkan memakai sepatu khusus.

Dr. Michael Setyawan SpS

2 comments:

Hendro Gunawan said...

Selamat malam dokter. saya mau tanya mama saya sering mengalami nyeri di kaki seperti di tusuk dan kesetrum gitu dan sekarang kaki mama saya mengalami kapalan dan kemarin bengkak sampai tidak kuat berdiri. kira2 klo dari gejala di atas mama saya kenapa ya dok? obatnya apa ya? terima kasih dok.

Anonymous said...

Nyeri pada telapak kaki biasanya disebabkan karena peradangan pada plantar facia, yaitu jaringan yang berada di bawah kaki yang menyambungkan tulang tumit pada ibu jari kaki. Kondisi ini dalam istilah medis disebut plantar fascitis.
Gangguan nyeri pada telapak kaki bisa disebabkan karena beberapa hal berikut :

Aktivitas kaki yang berlebih. Lari-lari, berjalan maupun naik tangga pun bisa mengakibatkan tekanan yang berlebihan terhadap tulang tumit Anda maupun jaringan lunak yang terikat di situ, sehingga bisa menimbulkan nyeri pada telapak kaki.
Bentuk anatomi kaki. Telapak kaki yang terlalu datar atau memiliki lekuk yang terlalu besar ternyata lebih sering mengalami nyeri pada telapak kaki.
Penggunaan alas kaki yang tidak sesuai. Alas kaki yang tak sesuai seperti sol yang tipis, longgar, maupun tidak ada sokongan buat lekuk kaki dapat memicu terjadinya nyeri pada telapak kaki. Apabila Anda dengan rutin mengenakan sepatu yang mempunyai tumit tinggi, maka tendon Achilles, yaitu tendon yang menempel di tumit anda bisa berkontraksi (apakah itu menegang maupun memendek) mengakibatkan terjadi pergeseran di jaringan seputar tumit.
Faktor usia. Nyeri telapak kaki lebih sering ditemui lantaran penuaan yang mengakibatkan lekuk kaki kian mendatar, memunculkan tekanan terhadap plantar fascia.
Berat badan berlebih. Berat badan yang berlebih dapat menyebabkan tekanan yang berlebih sehingga mengakibatkan rusaknya jaringan lemak pada bawah tulang tumit sehingga menyebabkan nyeri pada telapak kaki.
Pengaruh kehamilan. Berat badan yang bertambah pada ibu hamil maupun pembengkakan kaki yang terjadi selama kehamilan bisa menyebabkan nyeri pada telapak kaki.
Pengapuran dan pengeroposan tulang tumit. Adanya pengapuran dan pengeroposan juga dapat memicu terjadinya nyeri pada telapak kaki, terutama daerah tumit.

Adapun hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan nyeri pada telapak kaki antara lain :

Jika berat badan berlebih, usahakan untuk diet yang baik disertai dengan olahraga yang teratur.
Hilangkan kebiasaan jalan dengan tergesa-gesa. Berjalanlah dengan santai, rileks, dan dengan langkah yang seimbang.
Gunakan sepatu yang pas dan sesuai ukuran serta nyaman dipakai. Jangan menggunakan sepatu dengan hak tinggi.
Merendam kaki dengan air hangat dan dingin secara bergantian dapat mengurangi nyeri pada telapak kaki jika dilakukan secara rutin dan teratur.

Jika hanya gangguan nyeri karena plantar fascitis, insyaAllah tidak berbahaya. Namun, jika keluhan dirasakan terus memberat, sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.