Pages

Friday, August 17, 2012

Leher dan Kaki Sakit, Apakah Karena Penyempitan Saraf?

Dok, sudah dua tahun saya merasakan nyeri di bagian tulang belakang sampai pada leher dan juga di bagian kaki sebelah kiri. Saya sudah minum obat anti nyeri tapi tetap saja rasa nyeri itu tidak hilang, kalau boleh tahu gimana cara menghilangkan rasa nyeri itu? Dan apakah ada penyempitan saraf di bagian tulang belakang? Terimakasih sebelumnya.

Reyners (Pria Lajang, 20 Tahun), reynersXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 168 Cm dan Berat Badan 53 Kg

Jawaban

Nyeri pada tulang belakang yang menjalar sampai ke kaki kiri dapat disebabkan oleh gangguan saraf. Nyeri akan menjalar sesuai dengan daerah persarafan yang bersangkutan. Nyeri biasanya akan bertambah dengan batuk, bersin atau mengedan.

Penjepitan saraf pada tulang belakang sebagian besar disebabkan oleh adanya penonjolan jaringan lunak. Pemeriksaan penunjang untuk gangguan saraf daerah punggung adalah dengan magnetic resonance imaging (MRI). Pengobatan dapat dengan obat anti inflamasi non steroid, dan muscle relaxant.

Obat untuk mengurangi nyeri saraf (neuropathic pain) yang biasa digunakan adalah golongan anti depresan dan golongan anti konvulsan. Selain dengan pengobatan, fisioterapi dapat membantu mengurangi nyeri. Apabila dengan penatalaksanaan konservatif (pengobatan dan fisioterapi) tidak berhasil, dipertimbangkan untuk tindakan operasi.

Dr. Michael Setyawan SpS

No comments: