Tuesday, October 2, 2012

Jantung Berdebar Seperti Orang Ketakutan Karena Banyak Duduk

Dok, kenapa ya akhir-akhir ini kondisi jantung saya seperti melemah? Saya seorang karyawan swasta yang banyak menghabiskan waktu seharian duduk di depan komputer. Terutama menjelang tidur, jantung saya berdetak sangat cepat seperti orang ketakutan. Mohon penjelasan Dok.

Hafidz (Pria Lajang, 18 Tahun), apitXXXXX@gmail.com,
Tinggi Badan 178 Cm, Berat Badan 53 Kg

Jawaban:

Berdasarkan pernyataan Anda mengenai kondisi jantung, kami ingin menanyakan pemeriksaan jantung apa yang telah Anda lakukan selama ini? Jika belum melakukan pemeriksaan sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan jantung seperti tes EKG.

Jika pemeriksaan jantung EKG menyatakan jantung Anda normal, Anda melakukan tes Holter. Kedua tes ini membuktikan apakah Bapak Hafidz terkena penyakit jantung atau tidak.

Namun secara umum, kebiasaan duduk terlalu lama di depan komputer kurang dianjurkan karena terbukti meningkatkan risiko berbagai gangguan jantung dan pembuluh darah maupun gangguan metabolisme. Kalaupun terpaksa karena tuntutan pekerjaan, siasati dengan sesekali beranjak dari tempat duduk, sekedar untuk keluar makan siang atau menyapa rekan di ruangan sebelah.

Jika Bapak masih ada pertanyaan, atau bapak ada waktu, bapak boleh berkonsultasi langsung dengan dokter kami, untuk mengetahui keadaan (kondisi) jantung bapak lebih lanjut. Untuk biaya konsultasi, gratis alias tidak dipungut biaya sepeser pun.

Profesor Xiao Mingdi

No comments: