Pages

Wednesday, October 3, 2012

Rahim Miring ke Kiri Bikin Susah Hamil?

Dok, saya sudah 2 tahun menikah, tetapi belum dikaruniai keturunan. Saya sudah periksa dan USG ke dokter kandungan, kata dokter sel telur saya subur, tapi mulut rahim agak miring ke kiri. Apakah ini yang menyebabkan sampai sekarang saya belum hamil juga? Apa yang harus saya lakukan?

Suami saya juga bermasalah, setelah cek sperma ada yang kurang. Makanan apa yang harus dikonsumsi dok? Mohon bantuannya dok.

Terimakasih Dok.

Shinta S
(Perempuan Menikah, 32 Tahun), susanxxxx@gmail.com

Tinggi Badan 160 cm dan Berat Badan 65 kg


Jawaban
Untuk dapat hamil diperlukan kondisi rahim yang baik, sel telur yang baik dan tuba atau saluran telur yang baik. Dari faktor suami dibutuhkan kondisi sperma yang optimal lewat pemeriksaan sperma analisa.

Kondisi mulut rahim yang 'miring ke kiri' juga tidak serta merta dijadikan penyebab Ibu sulit hamil. Tapi misalnya adanya mioma di dinding rahim, bentuk rahim yang abnormal, atau sumbatan di tuba akan cukup signifikan mengganggu terjadinya pembuahan.

Perbaiki kondisi sperma suami Ibu lewat konsultasi dengan spesialis urology atau andrology. Makan makanan yg mengandung protein tinggi dan antioksidan. Hindari rokok dan kembali ke pola hidup sehat, cukup istirahat, olahraga dan kurangi stres.

dr.Dhely Lesthama.SpOG

No comments: