Pages

Wednesday, November 7, 2012

Bagaimana Cara Menghilangkan Kista Pasca Hamil?

Dokter, saya baru melahirkan 2,5 bulan yang lalu. Pada waktu mengandung saya punya kista di luar rahim. Kata dokter saya dulu, kalau ada kista seiring membesarnya rahim akan menghimpit perkembangan kistanya sehingga kadang bisa hilang. Tapi sesudah melahirkan (secara normal) kista saya masih ada tapi ukurannya mengecil.

Apakah yang harus saya lakukan agar kista yang masih ada itu bisa hilang sama sekali atau setidaknya berangsur-angsur hilang dok. Saat ini saya sedang menjalani ASI eksklusif dengan bayi saya. Trimakasih atas penjelasan dok.

Nelly (Perempuan Menikah, 32 Tahun), nellybiring@yahoo.com

Jawaban
Mengenai kista yang diderita, sayang sekali tidak dijelaskan ukuran kista tersebut. Hal ini dikarenakan tidak semua kista harus dioperasi terutama jika diameternya di bawah 5 cm yang cukup diobservasi berkala melalui USG.

Selain itu, ada baiknya dilakukan pemeriksaan darah (tumor marker). Dugaan saya, kista ini tidak mengkhawatirkan sehingga dokter yang memeriksa tidak memberi anjuran untuk segera diangkat.

Pada prinsipnya, Ibu masih dapat melahirkan normal karena umumnya sebagian besar kista jinak. Kista tersebut dapat saja menghilang tanpa terapi apapun seiring berjalannya waktu namun dianjurkan agar Ibu tetap melakukan USG secara berkala setiap enam bulan untuk memantau kondisi kista.

dr.Dhely Lesthama.SpOG

No comments: