Friday, November 9, 2012

Panu Kok Susah Hilang?

Assalamualaikum dok. Saya sudah lebih dari 10 tahun mengalami kulit sering timbul bercak-bercak putih seperti panu khususnya di wajah dan punggung badan, obat-obat untuk penyakit jamur sudah sering saya pakai namun hasilnya kurang memuaskan.

Yang ingin saya tanyakan:
1. Sakit apakah saya ini?
2. Mengapa saya mudah atau rentan dengan permasalah ini?
3. Obat apa yang baik saya konsumsi atau pakai?

Terima kasih

Raju (Pria Menikah, 30 Tahun), raju@yahoo.co.id
Tinggi Badan 165 cm dan Berat Badan 70 kg


Waalaikumsalam,

Kondisi yang Pak Raju alami bisa disebabkan oleh beberapa keadaan. Sayang tidak disertakan foto sehingga saya tidak dapat mengetahui secara pasti kondisi kulit Pak Raju.

Bercak putih disertai sisik halus, atau kulit terasa sedikit kasar bisa disebabkan oleh penyakit panu. Panu saat ini tidak lagi digolongkan sebagai penyakit menular. Beberapa orang memiliki kerentanan untuk menderita panu secara genetik.

Perlu diingat pada pengobatan panu, warna putih tidak segera hilang sesudah pengobatan berhasil. Diperlukan waktu terkadang sampai 3 bulan sebelum warna putih menghilang. Jika obat jamur sudah anda pergunakan dengan tepat dan tidak ada perbaikan maka ada kemungkinan anda tidak menderita panu.

Kondisi lain adalah kondisi yang disebut sebagai pitiriasis alba. Kondisi ini juga tidak menular, umumnya dicetuskan oleh matahari sehingga bercak putih ini lebih sering terlihat sesudah berjemur, misalnya sesudah berenang.

Pengobatan penyakit ini antara lain adalah penggunaan tabir surya sebelum berjemur matahari dan penggunaan pelembab saat malam hari. Umumnya warna putih akan perlahan memudar. Selain itu banyak mengkonsumsi sayur sayuran akan cukup membantu pemulihan warna kulit.
Semoga bermanfaat.

dr Eddy Karta SpKK

1 comment:

Anonymous said...

dok, obat jamur yg sebaiknya dikonsumsi apa? dan apakah ada obat tsb di apotek? dn salep nya apa ya?