Pages

Sunday, November 18, 2012

Bentol Hitam di Kulit yang Menahun

Saya perempuan usia 22 tahun mengalami penyakit kulit yang sangat mengganggu. Penyakit ini dimulai ketika saya masih kelas 6 SD. Awalnya hanya bercak hitam di kaki kiri tapi kemudian menyebar hingga sekarang hampir seluruh badan saya terkena bercak hitam, bintik-bintik bulat timbul dan terasa sangat gatal.

Saya sudah memeriksakan ke dokter tapi dokternya tidak memberitahu saya terkena penyakit apa. Ada juga dokter yang bilang saya terkena penyakit kulit karena alergi. Kadang saat malam atau saat saya berkeringat, gatalnya semakin hebat. Saya terganggu oleh penyakit ini, bukan hanya karena rasa gatalnya tapi juga karena benar-benar mengganggu penampilan sekali.

Yang ingin saya tanyakan adalah apa nama penyakit saya ini? Apakah bisa disembuhkan? Karena ketika berobat saya diberi berbagai salep mulai dari salep biasa sampai kloderma tapi tidak ada perubahan, malah semakin bertambah ke tempat-tempat lain.

Jika bisa disembuhkan apa obatnya dan bagaimana terapinya? Jika penyebabnya adalah alergi, bagaimana cara mengetahui penyebabnya? Tolong bantu saya. Terima kasih sebelumnya atas tanggapannya.

Yanwid (Perempuan Lajang, 22 Tahun), yanwid_angya@yahoo.co.id


Jawaban

Jika mendengar kisah Anda, saya menduga Anda menderita penyakit prurigo. Penyakit ini memberi gejala benjolan-benjolan kecil yang semakin lama semakin tebal, mengeras dan gatal sekali. Penyakit ini umumnya dicetuskan oleh gigitan serangga antara lain nyamuk.

Penyakit ini bisa bersifat menahun seperti ini apabila tidak ditangani dengan baik. Selain pengobatan dokter antara lain salep yang Anda sebut yang tujuannya sebagi antiradang dan menipiskan bentol-bentol hitam keras tersebut juga perlu perawatan selanjutnya sehingga tidak bergantung pada obat.

Beberapa tindakan yang bisa Anda kerjakan:
1. Usahakan sedapat mungkin jangan digaruk. Garukan hanya akan menyebabkan bintik-bintik timbul itu semakin tebal dan gatal sehingga terjadi lingkaran setan, gatal garuk yang tidak selesai. Jika Anda masih ada salep dari dokter bisa dioleskan setiap gatal menyerang.
2. Usahakan lingkungan rumah bersih, jangan banyak nyamuk ataupun debu terutama di dalam kamar tidur.
3. Usahakan untuk jangan mandi air panas. Air hangat-hangat suam kuku masih diperbolehkan. Air yang terlalu panas dapat menambah gatal.
4. Jika Anda bisa mencegah bintil lama mengeras dan menghitam maka perlahan bekas hitam ini bisa menghilang.

Adapun untuk tes alergi umumnya tidak terlalu diperlukan oleh karena penyakit ini didasari sensitifitas seseorang, bukan karena alergi makanan atau lainnya. Penyakit ini tidak disebabkan oleh 'salah makan'.

Jika Anda ingin bisa melakukan tes alergi, boleh dilakukan tes darah. Biasanya didapati kadar IgE, suatu penanda sensitifitas, yang tinggi. Saat fisik anda fit dan sehat umumnya kadar Ig E ini akan menurun dan kemungkinan anda gatal semakin berkurang.

dr Eddy Karta SpKK

No comments: