Monday, November 19, 2012

Anak dan Suami Kompak Kena Eksim

Dok, suami dan anak laki-laki saya menderita gatal-gatal berwarna merah di bawah betis sampai pergelangan kaki. Penyakit tersebut sudah puluhan tahun dan setiap diberi salep atau obat tidak pernah sembuh total hanya sedikit berkurang gatalnya, katanya eksim kering. Mungkinkah penyakit turunan ini bisa sembuh total? Terimakasih.

Wannoni (Perempuan Menikah, 43 Tahun) wannoni@gmail.com
Tinggi Badan 160 cm dan Berat Badan 60 kg


Jawaban

Salam Ibu Wannoni,
Saya ikut prihatin dengan kondisi kulit suami dan putra ibu. Kondisi eczema atau disebut eksim memang kondisi yang dapat berulang, terutama bila salah perawatan.

Walaupun dapat berulang, bukan berarti penyakit ini tidak bisa terkontrol. Untuk itu diperlukan perawatan khusus jika memang kita memiliki kondisi kulit sensitif ini.

Selain diobati anti radang, pada saat kondisi sudah membaik bukan berarti perawatan selesai. Perawatan selanjutnya ini justru yang memegang peranan sangat penting.

Pertama hindari penggunaan kimia apapun yang bisa mengiritasi kulit. Misalnya sabun antiseptik ataupun bahan pelembut pakaian. Selanjutnya kulit ini memerlukan minyak sebagai pelindung.

Pada kondisi sudah membaik, Anda boleh mengoleskan minyak misalnya minyak zaitun murni (tidak berpewangi) dua kali sehari sesudah mandi untuk seterusnya. Dengan terlindungnya kulit, maka kemungkinan kambuh akan semakin berkurang. Demikian semoga bermanfaat.

dr Eddy Karta SpKK

2 comments:

raras prahasini said...

ass, dok bagai mana cara menghilangkan keputihan yang berbau busuk? obatnya apa? penyebabnya apa? obat yang aman untuk mengobati keputihan di saat hamil

Anonymous said...

Dok saya sudah mencoba menggunakan shampoo jenis ketoconozale 2%, sudah pakai licoid, sudah konsultasi ke 2 jenis dokter tapi masih tidak berkurang dermatitis seboroik di kepala saya.

Saya sangat lelah dengan penyakit ini yang sangat mengganggu aktivitas saya.

Dokter buka praktek dimana dan jam berobat kapan?