Sunday, November 25, 2012

Bisakah ASI Beracun?

Istri saya hamil yang kedua pada saat anak pertama kami baru berumur 8 bulan. Dokter kandungan menganjurkan untuk tetap menyusui sampai umur kandungan 8 bulan, tetapi orangtua mengatakan jika ASI dari ibu yang sedang hamil sudah berubah menjadi racun dan tidak bagus apabila masih diberikan pada bayi.

Saya bingung dengan hal ini, satu sisi dokter bilang nggak apa-apa tapi orangtua bilang nggak boleh. Sementara anak saya maunya hanya ASI saja, minum susu kaleng susah banget (baru mau kalau sudah benar-benar haus). Saya harus gimana dok? Terimakasih.

Eko Purnomo, ekomerry@gmail.com


Jawaban

Pada prinsipnya tidak ada istilah ASI yang beracun. Hanya saja pada usia lebih dari enam bulan, mutu gizi ASI mulai menurun dan kebutuhan gizi anak meningkat sehingga anak butuh asupan gizi lain berupa PASI (Pengganti ASI seperti susu formula) dan MPASI (Makanan Pengganti ASI seperti biskuit bayi atau bubur susu).

Pertumbuhan anak harus dipantau berkala karena pada masa ini anak mengalami fase tumbuh kembang yang cepat. Tumbuh secara fisik, berkembang secara intelektual dan emosi. Untuk tumbuh kembang anak, ada baiknya Bapak berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.

dr.Dhely Lesthama.SpOG

1 comment:

Choeriatun Napiah Piah said...

Maaf dokter,,sy ingin berkonsultasi ttp sy tdk thu bagaimana cara memposting pertanyaanx..mohon bntuanx dn krj samax..terimaksih dok