Friday, November 23, 2012

USG untuk Mengetahui Anak Down Syndrome

Dok, saya sedang hamil 6 bulan jalan 7 bulan. Keadaan saya dan bayi yang saya kandung sehat. Yang ingin saya tanyakan bagaimana pemeriksaan lebih detail untuk mengetahui bayi yang di kandung down syndrome, apakah harus menggunakan USG 4 dimensi? Terimakasih.

Putri (Perempuan Menikah, 27 Tahuan), lass_allure262@yahoo.co.id


Jawaban

Mengenai kelainan bawaan yang dikhawatirkan memang dapat dilakukan pemeriksaan lewat USG sejak dini. Dengan kemajuan teknologi kesehatan yang ada (USG 4D) dapat dilihat lebih detail kondisi organ-organ bayi.

Namun perlu diingat bahwa kekhawatiran Ibu harus ada alasannya. Misalnya hamil pada usia di atas 35 tahun, perokok, drug user, pernikahan sedarah, riwayat penggunaan obat-obat yang dapat menimbulkan aborsi. Hal tersebut dapat menyebabkan cacat bawaan pada bayi.

Pada kehamilan hanya sebagian kecil yang mengalami gangguan atau cacat bawaan pada bayi. Sebaiknya Ibu rajin memeriksakan kandungan ke dokter kandungan dan melakukan USG Serial.

dr.Dhely Lesthama.SpOG

2 comments:

LATAR BELAKANG BERDIRI TK DI GEMPOL said...

mohon maaf bukan ditempatnya, tapi bagaimana cara mengjaukan pertanyaan, dan langsung ada jawabanya. terimakasih

Anonymous said...

Saya perempuan usia 21 tahun. Semenjak kecil saya punya kebiasaan dekat dengan kucing. Dari berbagai info yang saya dengar, kucing memiliki virus Taxoplasma yang bisa membuat perempuan sulit hamil, keguguran ataupun bayinya lahir cacat. Saya mau tanya, saya harus memeriksanakan diri ke bagian medis mana di RS jika saya ingin mengetahui apakah saya terkena virus tersebut? Mohon jawaban dan komentarnya.