Thursday, November 22, 2012

Melahirkan Caesar Setelah Anak Pertama Caesar

Saya ingin menanyakan jenis-jenis operasi caesar. Menurut pengalaman beberapa teman, ada yang sakit dan tidak sakit. Nah, saya sendiri pernah mengalami caesar dengan sakit sekitar 2 bulan lamanya. Apakah memungkinkan melahirkan normal jika anak pertama 17 bulan dan usia kehamilan kedua 7 bulan. Saya menderita mata minus 5. Terimakasih.

Hamasahputri (Menikah, 29 Tahun), endah.wida@gmail.com


Jawaban

Pada prinsipnya operasi yang dilakukan tidak boleh menimbulkan trauma pada pasien, misalnya keluhan nyeri. Di sinilah pentingnya pemeriksaan luka operasi secara rutin. Umumnya pemeriksaan tersebut dilakukan dua sampai tiga kali sejak pulang dari rumah sakit dengan jarak satu minggu.

Keluhan nyeri paska operasi dapat merupakan suatu komplikasi yang timbul pada masa pemulihan dan umumnya terjadi karena perlengketan pada fase pemulihan tersebut. Untuk itulah pasien diharapkan segera melakukan mobilisasi atau bergerak secara bertahap satu sampai dua hari setelah operasi agar mempercepat pemulihan dan mengurangi risiko perlengketan.

Tidak semua bekas operasi sesar harus dioperasi kembali, kecuali jika Ibu sudah mengalami sesar dua kali. Namun dalam kasus ini, sebaiknya dilakukan operasi kembali karena jarak antara kehamilan kurang dari dua tahun.

dr.Dhely Lesthama.SpOG

No comments: