Tuesday, November 20, 2012

Kulit Anus Menipis dan BAB Jadi Pedih

Dokter, saya sudah kurang lebih 3 tahun mengalami penipisan kulit terutama di bagian dubur sehingga terasa pedih kalau buang air besar. Tapi kalau saya minum vitamin atau Neoremasil yang dijual bebas di apotek sekali atau dua kali dalam seminggu kondisi tersebut akan hilang. Apa sebenarnya penyakit dan obat yang mesti saya komsumsi supaya tidak secara rutin saya konsumsi obat-obatan? Terimakasih.

Isanto (Lelaki Menikah, 50 Tahun), Isanto.NLN@kbr.com
Tinggi Badan 175 cm dan Berat Badan 80 kg

Jawaban
Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan Bapak diperlukan beberapa keterangan tambahan, misalnya apakah ada rasa gatal? Apakah saat buang air besar terdapat bercak darah? Apakah Bapak mengalami sembelit? Ataukah malah diare?

Ada beberapa penyebab timbulnya rasa pedih di sekitar anus antara lain:

Proses iritasiIritasi pada keadaan ini disebabkan kandungan bahan kotoran/faeses yang terbentuk. Biasa terjadi pada pasien dengan diare. Iritasi kulit anus ini menyebabkan munculnya rasa pedih seperti terbakar dan sering pula disertai gatal.

Luka terbuka/fisuraLuka ini biasa diawali oleh sembelit, sehingga faeses yang terbentuk menjadi keras. Pada saat buang air besar, gesekan faeses menimbulkan luka. Luka ini akan sulit menyembuh bila sembelit tidak teratasi.

InfeksiPada infeksi cacing kremi, diawali dengan gatal dan garukan, memicu munculnya luka. Infeksi lain misalnya infeksi herpes simpleks, namun pada infeksi ini, rasa nyeri adalah spontan, tidak hanya terjadi saat buang air besar.

Obat-obat yang selama ini diminum bekerja untuk mengurangi rasa nyeri saja, namun tidak mengatasi penyebabnya, sehingga keadaan ini sering berulang.

Untuk mendapatkan terapi yang sesuai, harus diketahui secara pasti penyebab munculnya rasa pedih tersebut. Sebaiknya Bapak datang berkonsultasi ke dokter yang dapat memeriksa langsung kondisi atau kelainan pada area anus sehingga dapat diterapi secara tepat.

dr. Susie Rendra, SpKK

No comments: