Pages

Monday, November 5, 2012

Malu, Kedua Tangan Muncul Bercak Putih

Dok, saya punya masalah pigmen, kulit saya bercak-bercak putih pada kedua tangan saya dan ini sangat mengganggu kepercayaan diri saya meskipun masih bulat kecil kelihatannya. Saya sangat memohon bantuan dokter bagaimana caranya agar masalah bercak-bercak putih di kulit ini dapat disembuhkan. Terimakasih.

Vannie (Perempuan Lajang, 27 Tahun), naturally_trans@yahoo.com


Jawaban

Salam Vanie,

Bercak putih pada lengan bisa terjadi karena beberapa hal. Ada beberapa penyakit yang memberi keluhan bercak putih pada kulit. Untuk di daerah tangan maka kemungkinan tersering adalah vitiligo yaitu hilangnya pigmen akibat proses autoimun yang artinya kekebalan seseorang merusak bagian tubuhnya sendiri.

Selain vitiligo, kondisi yang lain adalah karena sering terpajan dengan matahari. Untuk sementara sampai diobati sebaiknya Anda mengenakan tabir surya sampai menutupi seluruh tangan Anda setiap hari.

Bercak putih ini akan bisa diobati walaupun kadang membutuhkan waktu dalam penyembuhannya. Satu yang perlu dicatat adalah penyakit ini tidak menular ke orang lain, sehingga tidak ada alasan untuk gangguan kepercayaan diri.

dr Eddy Karta SpKK

No comments: