Sunday, November 4, 2012

Apa yang Harus Dilakukan Penderita Kanker Rahim?

Dokter, ibu saya didiagnosa terkena penyakit kanker serviks stadium lanjut dan dokter menyarankan untuk menjalani kemoterapi dan radiasi, saat ini kondisi ibu sudah sulit untuk buang air besar. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh keluarga kami? Obat apa yang bisa dikonsumsi agar ibu saya buang airnya bisa lancar dan nyeri pada pinggangnya bisa dikurangi? Terima kasih sebelumnya.

Ernawati (Perempuan Menikah, 27 Tahun), rna.bmi211@yahoo.com


Jawaban


Sebelumnya saya turut prihatin atas kondisi orang tua Ibu Anda. Terapi yang dokter tersebut sarankan adalah terapi yang bersifat suportif, menjaga supaya kondisi pasien tidak memburuk (Quality Of Life).

Secara medis hingga kini kanker serviks stadium lanjut masih belum dapat disembuhkan. Terlebih lagi, biaya untuk terapi relatif mahal. Gangguan susah BAB (buang air bersih) yang terjadi merupakan efek samping dari kanker yang diderita, misalnya karena penyebaran sel kanker ke usus.

Perlu diperhatikan bahwa pada kondisi orang tua Ibu Anda, pengobatan bukan hanya berupa support fisik tapi juga psikis. Apalagi kemoradiasi yang akan dijalani memiliki efek samping di antaranya mual, rambut rontok, gangguan pencernaan, hilang nafsu makan dan sebagainya. Namun, terapi kemoradiasi memang sebaiknya dilakukan demi mengurangi laju perjalanan kanker serviks stadium lanjut.

Obat pengurang rasa sakit dan sulit buang air besar (bisa juga telah terjadi penekanan tumor ke usus bagian bawah) bisa dimintakan pada dokter yang menanganinya.

dr.Dhely Lesthama.SpOG

No comments: