Thursday, January 10, 2013

Mata Rusak Kena Tutup Botol Minuman, Bisakah Normal Lagi?

Selamat siang dok, saya Imran umur 31 tahun. Dulu ketika saya kelas 1 SMA mata kiri saya pernah kena benturan tutup botol coca-cola sewaktu membuka botol tersebut dan itu menyebabkan mata kiri saya merah semua di matanya hingga tak bisa melihat.

Saat itu langsung dibawa berobat ke dokter mata, dan diadakan pengobatan rutin hingga mata kiri saya dapat melihat kembali dan merah dimata hilang semua, cuma penglihatan saya tidak bisa maksimal lagi karena setiap objek yang saya lihat dengan mata kiri saya menjadi bergelombang dan patah-patah (penglihatan mata kiri hanya berfungsi 50-60%).

Pengobatan yang dulu dilakukan hanya obat tetes dengan cendo Xitrol. Awalnya saya sih terbiasa dengan kondisi seperti itu karena saya berfikir itu adalah kecelakaan, namun setelah saya bekerja saya sering mengalami kedua mata saya sering menjadi merah sekali dan gampang lelah dan mengantuk, hal ini membuat saya tidak nyaman. Saya juga kurang tahu apakah ini ada efek dari kurang maksimalnya mata kiri saya.

Pertanyaannya :

1. Apakah mata kiri saya masih mungkin normal kembali?
2. Pengobatan apa yang harus saya lakukan? Terimakasih, God Bless.

Imran (Pria Menikah, 31 Tahun), gul_tomjeryxxx@yahoo.com
Tinggi Badan 175 Cm dan Berat Badan 85 Kg

Jawaban:

Mengenai mata kiri apakah masih bisa normal kembali, tentunya sangat tergantung dari di mana letak kelainannya. Kalau penyebabnya adalah syaraf mata yang rusak akibat benturan dan sudah berlangsung lama, sepertinya sulit untuk normal kembali. Untuk itu harus dipastikan dulu di mana letak kelainannya.

Saya menganjurkan pada Irwan untuk berobat ke dokter mata agar dapat diperiksa pula apa yang menjadi penyebab kedua mata sering menjadi merah, karena penyebabnya bisa bermacam-macam dan dapat diberikan terapi yang sesuai.

dr. Siti F.S. Rahmadhani, Sp.M

1 comment:

Arif Nugroho said...

Saya pria usia 34 tahun dok,kurang lebih sekitar 4 tahun yang lalu,saya mengalami kecelakaan,saya jatuh dan kepala saya terbentur tepat diatas alis mata sebelah kanan dengan keras,benturan itu menyebabkan luka sobek 5cm dan mendapat kan 5 jahitan. Keluhan yang saya rasakan sekarang,mata saya sebelah kanan,jika sedang kumat suka berkedip-kedip sendiri secara reflek tanpa disadari,jika gerakan kedipan itu saya tahan,saya suka merasakan pegal dan agak sedikit sakit didaerah kepala diarea sekitar bekas luka benturan tersebut.
Yang saya ingin tanyakan, apakah gejala yang saya rasakan ini adalah dampak dari benturan itu dok? Langkah apa yang harus saya ambil dalam mengatasi masalah tersebut.
Atas saran dan tanggapan nya,saya ucapkan terima kasih banyak dok..