Wednesday, April 3, 2013

Bisakah Sakit Maag Memicu Sakit Jantung?

Dok, saya punya riwayat maag. Sudah makan teratur dan olahraga, sudah mulai baikan. Suatu saat saya pernah mengalami stres karena pekerjaan, jadi lambung saya sakit sekali menekan ke atas, bagian perut sebelah kiri sakit, sampai ke dada sebelah kiri dan punggung kiri, keluar keringat dingin hanya di wilayah kepala, leher, badan bagian kiri saja, nyeri di dada, lengan kiri. Apa itu reaksi normal dari maag, kok sampai ke jantung? Apa maag juga bisa menyebabkan kerusakan jantung? Apa solusinya? Terimakasih.

Imam (Pria Lajang, 25 Tahun)
wahyudie_XXX@yahoo.com
Tinggi 160 cm dan Berat 60 kg

Jawaban:

Dear Bapak Imam,

Sebelumnya, Bapak Imam sudah cek ke dokter? Dokter mengatakan apa ya? Jika belum, saya sarankan Anda untuk cek ke dokter spesialis pencernaan, dan lakukan pemeriksaan USG perut.

Mengenai nyeri dada, memang mirip sekali gejala nyeri dada yang berasal dari jantung, nyeri dada yang berasal dari paru-paru, dan nyeri dada yang berasal dari perut (gangguan pencernaan, asam lambung meningkat, maag, GERD). Untuk dapat mengetahui penyebab pasti dari gejala nyeridada, Anda harus melakukan pemeriksaan yang lengkap. Dengan pemeriksaan yang lengkap maka dapat diberikan pengobatan yang terbaik buat kondisi Bapak Imam.

Pada umumnya, maag tidak mempengaruhi kondisi jantung. Jika Anda masih khawatir dengan kondisi jantung Anda, Anda dapat melakukan pemeriksaan jantung ekokardiografi dan EKG.

Jika Anda ada masalah pada seputaran kondisi jantung, Anda boleh datang dan berkonsultasi langsung dengan saya, gratis, dengan membawa hasil pemeriksaan dari dokter sebelumya. Terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi

2 comments:

haris andika said...

Dok.. saya wanita berumur 21 tahun,, udh 5 hari ini padahal diluar tgl haid tapi saya mengeluarkan darah tapi sekitar 2,3 jam darah sdh berhenti... saya biasa haid tgl 13, apa ini normal atau berbahaya?mau berkonsultasi kedokter lgsg malu...

moedjie fahrezzi said...

Selamat pagi dokter,nama saya mujiono,saya sering mengalami sakit kepala sebelah dan kepala serasa kliyengan terus menerus,apa cuma migrain dan kurang darah atau apa ya??