Wednesday, February 12, 2014

Mengatasi Anak 3,5 Tahun yang Sedang Marah atau Kesal

Anak saya saat ini berusia 3,5 tahun, dalam waktu 1 bulan ini ada perubahan yang signifikan akan sikapnya. Dia kalau marah sekarang diikuti dengan reaksi menghentak-hentakan badan, memukul dan teriak. Padahal sebelumnya dia tidak seperti ini reaksinya kalau sedang marah atau kesal, gimana ya cara mengatasi sikap anak yang seperti ini?

Rene Zain (Perempuan menikah, 30 tahun)
renezain.XXXX@gmail.com
Tinggi badan 165 cm, berat badan 47 kg

Jawaban

Halo Ibu Rene, mengenai perubahan perilaku anak Ibu, apakah ada sesuatu yang terjadi dalam jangka waktu 1 bulan tersebut? Misalnya pergantian pengasuh, atau masuk lingkungan baru (sekolah)? Jika Ya, kemungkinan besar bisa menjadi salah satu penyebab.

Pada dasarnya, anak akan berespons ketika ia menghadapi setiap situasi baik itu menyenangkan atau tidak menyenangkan. Setiap anak akan memiliki respon yang berbeda-beda ketika sedang marah. Hal yang harus dilakukan oleh orangtua adalah membantu anak untuk mengidentifikasi perasaan yang sedang ia rasakan dan melabel perasaan tersebut.

Contohnya ketika anak sedang marah karena ada hal yang tidak sesuai dengan keinginannya dan perilaku yang muncul adalah menghentak-hentakan badan, memukul dan teriak maka orangtua dapat mengajak anak bicara ketika ia telah selesai menghentak badan dan teriak. Ketika teriakannya atau perilaku yang muncul mulai mengganggu lingkungan maka anak dapat dialihkan dengan hal lain sehingga emosinya terpecah.

Atau ketika anak memukul, usahakan dia tetap dalam posisi dan situasi yang aman dan tidak melukai atau terluka. Misalnya dengan melakukan pelukan 'beruang' (semua bagian tubuh anak masuk dalam pelukan kita) hingga ia tenang. Setelah anak tenang, kita bisa mengajaknya bicara untuk membantu dia mengidentifikasi perasaan tidak nyaman tersebut dan apabila orang tua sempat berbicara keras maka meminta maaflah kepada anak atas perilaku kita yang membuat ia tidak nyaman.

Selamat mencoba.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: