Tuesday, February 11, 2014

Solusi untuk Bocah Laki-laki Umur 4 Tahun yang Sulit Bicara

Anak saya laki-laki berumur 4 tahun, sampai sekarang susah bicara, malahan dia suka menyebutkan kata-kata yang susah kita mengerti, memang sebagian kata-kata dia bisa saya mengerti. Dia sudah bisa memanggil papa/mama, nama adik dan kakaknya, terus dia sudah bisa mengucapkan kalau minta makan atau minta minum susu.

Tapi dia kadang-kadang kalau ingin sesuatu hanya dengan menunjuk saja, dan tidak mau mengucapkan apa yang dia inginkan, kayaknya dia kesusahan mengucapkannya, jadi saya kadang-kadang berpikir dulu untuk mengetahui keinginan anak saya itu. Yang mau saya tanyakan apakah kekurangan anak saya ini masih bisa diobati, atau ada terapi khusus supaya bisa bicara dengan lancar? Terimakasih.

Anwar (Laki-laki menikah, 38 tahun)
anwar.rosidiXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 172 cm, berat badan 56 kg

Jawaban

Halo Pak Anwar, membaca informasi yang diberikan oleh Bapak, memang sebaiknya Putra Bapak segera dibawa untuk berkonsultasi ke dokter tumbuh kembang atau ke psikolog anak yang terdekat dengan wilayah Bapak. Untuk mengetahui lebih lanjut gangguan/masalah apa yang dialami oleh anak Bapak, setelah itu para ahli akan melakukan referal ke tempat terapi yang sesuai jika memang dibutuhkan.

Terimakasih.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: