Friday, February 7, 2014

Usia 2 Tahun Belum Bisa Bicara dan Tak Bisa Diam, Tanda Anak Hiperaktif?

Anak saya usia 2 tahun, tapi belum bisa bicara, hanya bisa mengucap 'ayah'. Kalau diajak bicara atau dipanggil cuek atau perhatian ke tempat lain. Anaknya tak bisa diam, gerak terus kecuali saat tidur. Bisakah ini masuk kategori 'autis' atau hiperaktif? Atas perhatiannya, banyak terimakasih.

Heny (Perempuan menikah, 33 tahun)
nugraXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 150 cm, berat badan 50 kg

Jawaban

Halo Ibu Heny,

Untuk menegakkan diagnosa Autism Spectrum disorder dan ADHD membutuhkan observasi lebih lanjut dan pemeriksaan secara berkala terhadap anak Ibu. Tetapi jika dari informasi yang diberikan oleh Ibu mengenai Anak Ibu, stimulasi yang perlu lebih banyak diberikan adalah stimulasi untuk berbicara dan berkomunikasi. Kemudian, perbanyak juga interaksi yang bersifat dua arah seperti bermain bersama dan bukan menggunakan gadget. Sehingga kemampuan anak untuk memberikan respon secara cepat dapat terlatih.

Mengenai perilakunya yang tidak bisa diam, biasanya kebutuhan bergerak anak usia 2 tahun memang lebih tinggi dan biasanya tugas orang tua adalah memfasilitasi kebutuhan tersebut secara lebih terarah misalnya dengan mengikutsertakan dalam kegiatan fisik/olahraga.

Jika dalam waktu 3 bulan tidak ada perubahan pada kemampuan bicara dan responsifnya maka saya sarankan untuk membawa berkonsultasi ke psikolog anak.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: