Pages

Wednesday, December 30, 2015

Batuk Pilek Anak Sering Kambuh, Apa Sebabnya?

Dokter saya mau tanya, kenapa anak saya sering mengalami batuk dan pilek? Batuk dan pilek tersebut sudah lama dan ketika sembuh pun cuma sebentar saja lalu kambuh lagi. Kira-kira apa penyebabnya dan obat apa yang cocok untuk anak saya?

Mardarul (Pria, 31 tahun)
mardarulXXXXX@yahoo.co.id
Tinggi 170 cm, berat 65 kg

Jawaban

Salam Pak Mardarul. Batuk pilek berulang yang sering diderita seorang anak dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu apakah anak tersebut sensitif terhadap suatu kondisi (bisa dari makanan/minuman atau suhu dan cuaca) yang menimbulkan batuk pilek, yang disebut sebagai alergi. Atau karena disebabkan oleh lingkungan anak tersebut yang berisiko menularkan batuk pilek berulang.

Adapun obat batuk yang cocok, untuk anak bapak tergantung dari pemeriksaan paru-paru yang dilakukan oleh dokter. Terkadang orang tua mudah mengambil kesimpulan mengenai kondisi batuk anak. Tidak semua kondisi di mana terdengar suara dahak pada saat anak batuk dapat disimpulkan sebagai batuk kering atau berdahak. Sehingga untuk menentukan obat batuk yang cocok untuk setiap kasus batuk anak akan sangat tergantung dari hasil pemeriksaan dokter.

dr. Hestu Putri Yanuarti, SpA., Mkes.

3 comments:

Kapsul kcd said...

info yang menarik

teh bidara said...

info yang menarik

Unknown said...

Halo dok,
Saya frangky, saya seorang penyanyi cafe editional vocal,
Suara saya beruba serak sejak thn 2013 dan sampai dng skrng, jadi kadang suara saya kalo seraknya hilang saya ngga bisa nyanyi dan susa, kadang seraknya hilang timbul, jadi istilanya suara serak menguntungkan dan dapat pujian juga, tpai kalo serak saya menhilang, nata tinggi aku ngga bisa dan susa, iyu yg buat saya khawatir, dok kira kora solusinya bagaimna dok