Pages

Sunday, January 10, 2016

Ada Benjolan Putih di Langit-langit Mulut, Berbahayakah?

Dokter, saya mempunyai anak balita yang usianya 6 bulan. Dari lahir, di langit-langit anak saya terdapat beberapa benjolan putih kecil. Namun seiring bertambah bulan, benjolan tersebut hilang satu persatu. Saat ini, masih tersisa satu benjolan yang semakin membesar. Saya mau tanya Dokter, apakah benjolan tersebut merupakan gejala tumor atau hanya benjolan biasa saja? Mohon penjelasan dan petunjuknya Dokter. Terima kasih.

Giatja (Pria, 34 tahun)
erikzaXXXXX@rocketmail.com
Tinggi 170 cm, berat 80 kg

Jawaban

Salam Pak Giatja,

Benjolan putih kecil di langit-langit mulut yang muncul sejak lahir disebut sebagai Epstein Pearls atau Palatal Cyst. Benjolan ini merupakan benjolan yang tidak membahayakan dan biasanya akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Sekitar 65-80 % bayi lahir dengan epstein pearls.

Bentuknya terkadang mirip dengan gigi yang akan tumbuh dan ukurannya bervariasi, sekitar 1-3 mm. Apabila benjolan yang dialami anak Bapak ada yang tidak menghilang dan bahkan bertambah besar, sebaiknya diperiksakan ke dokter anak untuk memastikan apakah benjolan tersebut merupakan proses peradangan atau tumor atau hanya proses normal dari palatal cyst yang tidak perlu tindakan apapun.

dr. Hestu Putri Yanuarti, SpA., Mkes.

7 comments:

Anonymous said...

Selamat malam dokter maaf saya mau tanya suami saya bulan agustus th lalu muntah darah , hasil endoskopy ternyata varises esofagus penyebanya katanya suami saya hepatitis b positif, katena sirosis hati jadinya varises esofagus, sampe sekarang masih kontrolrutin 2 minggu se-x, sebulan sekali tes lab hasil trombosit dan leukositnya masih rendah hb jg blm stabil 13 , tiap x kontrol suami d kasih resep obat omeprazole, propanolol, monecto 20 mg, setahu saya propanolol dan monecto obat jantung, yg saya tanyakan apakah penyakit sirosis ada hubunganya denhan penyakit jantung?..apakah varises esofagus bs d sembuhkan? Dan apa bahaya yg terjadi bila propanolol dan monecto d konsumsi dalam jangka panjang,?.. Suami saya umur 35 th.
Mohon penjelasannya ,terima kasih

Unknown said...

slmt mlm dokter.maaf sya mau tanya anak sya umur 3thn 10bln.skarang sedang demam sudah 7hari dan tidak bisa pup juga.sdah bwa kers.tes lab.tapi tidak ada virus yg membahayakan dokternya bilang smuabaik aja.tpi sampe saat ini dmam masih tinggi.dan smua mknan tidak mau makan
sesudah minuman obat dmam turun lepas itu naik lagi sllu bgitu dok.terimakasih dokter.kiranya sudi mnjawab

Unknown said...

Assalamualaikum.Bapak Atau ibu dokter yang baik hati. Saya ingin minta tolong .Ayah saya sakit. Kakinya bengkak serta berwarna merah seperti luka lebam. Ayah saya tidak bisa berjalan. Waktu itu sempat diperiksa. Katanya sakit rematik. Tapi lama kelamaan kaki ayah saya jadi bengkak besar seperti luka lebam. Saya sudah obati ayah saya dengan cara tradisional yaitu dengan mengompres kaki nya dengan kencur dan beras ketan yg ditumbuk. Tapi masih tetap sama. Saya ingin membawa ayah saya ke rumah sakit ke Spesialisasi saraf. Apakah harga ke spesialisasi itu mahal. Saya tidak punya BPJS.

Unknown said...

Assalamualaikum.Bapak Atau ibu dokter yang baik hati. Saya ingin minta tolong .Ayah saya sakit. Kakinya bengkak serta berwarna merah seperti luka lebam. Ayah saya tidak bisa berjalan. Waktu itu sempat diperiksa. Katanya sakit rematik. Tapi lama kelamaan kaki ayah saya jadi bengkak besar seperti luka lebam. Saya sudah obati ayah saya dengan cara tradisional yaitu dengan mengompres kaki nya dengan kencur dan beras ketan yg ditumbuk. Tapi masih tetap sama. Saya ingin membawa ayah saya ke rumah sakit ke Spesialisasi saraf. Apakah harga ke spesialisasi itu mahal. Saya tidak punya BPJS.

Unknown said...

Dokter saya mau tanya dok.
saya perwmpuan berusia 23 tahin.ad benjolan disekitar puting payudara saya dok.awalnya tetasa puting saya gatel..lali timbul bintik seperti jerawat..pertama sakit..dn speti ad benjolan didlm.
tapi lama lama benjolnnya semakin besar keras dn menyebar tepat disekitar bawah puting.rasanya gatal sekali.kira kira ni penyakit ap y dok.terima kasih

Brainking Plus Indonesia said...

Assalamualaikum wr wb.. kami dari pt brainking Science ingin mengabarkan kabar baik Tentang TEROBOSAN DI DUNIA KESEHATAN TELAH HADIR .. "SEMOGA BERMANFAAT.
: https://m.youtube.com/watch?v=diReJOHfmWE

selamat bahagia untuk anda
kini telah muncul wujud hal fakta dari Al Quranul karim
"semua penykit ada obatnya

Temuan Putera Bangsa Indonesia.

Produk indonesia terkagumi di dunia...

Karna kerja serum nutrisi ini tingkat presiden.. (tingkat sel syaraf)..

Di gedung sarinah Lantai 12
Penuh berkah bersama Brainking Plus Nutrition

  Bersama:
-Formulator : Dr Irfan Bukhori
-Penasehat  : Pak Guruh Soekarno Putra

Ini sdikit profile produk dan PT..

Pt Bigking Science @ perusahaan yg di bina oleh Pak Guruh Soekarno Putra untuk anak bangsa yg telah menemukan hal yg baru di bidang kesehatan melalui science yg dimilikinya.. visi dan misi singkat
Mencerdaskan Anak bangsa dan miningkatkan Ekonomi anak bangsa Indonesia.

Salah satu produk yg hebat hingga di lirik oleh berbagai negara

Brainking plus adalah serum sel syaraf otak...bekerja scr holistik (menyeluruh) bekerja d syaraf tepi dan spinal melancarkan semua penyumbatan di pembuluh darah mengaktifkan syaraf yg sdh mati menyambung syaraf yg sdh putus...dgn meyakini ayat suci alquran bahwa semua penyakit ada obat nya dr.irfan buchari .phd meriset belasan tahun utk mencari jawaban nya.. sebelum beliau meriset, beliau 40 malam tahajud istikharoh 40 hari dan berpuasa 40 hr berturut-turut memohon petunjuk Allah..alhamdulillah selama belasan tahun (14 tahun) akhirnya menemukan formulanya serum sel syaraf otak atau yg d namakan brainking plus....skrg anak nya yg autis cumelaude d STAN ...brainking bekerja memperbaiki syaraf tepi ..yang berhubungan dengan masalah THT spt masalah pendengaran penglihatan terlambat bicara penciuman termsk masalah sinusitis dll... apa itu syaraf spinal....syaraf yg berada d sumsum tulang belakang yg berhubungan langsg dengan semua organ vital pd anggota badan spt jantung. Paru2 liver ginjal pankreas organ reproduksi dll...disamping itu sumsum tulang belakang adalah tempat produksi stem cell sehingga dengan perbaikan syaraf spinal di sumsum tulang belakang akan meransang tubuh memproduksi stemcell sehingga kerusakan organ tubuh oleh karna penyakit akan lebih mudah d perbaiki....kenapa manusia itu sakit...???? karena rusak nya system tubuh ....system tubuh d atur oleh otak...

setelah otak dpt nutrisi yg d butuhkan nya ia sebagai pemimpin bs mengatasi semua gangguan apa saja yg mengganggu d dlm tubuh kita...Salam Sehat selalu..!! Hub 08123 01 8900
www.bigkingscience.com
www.brain-king-plus.com

 Visi dan Misi
Pak Guruh Soekarno
Membantu meningkatkan Kesehatan dan kemakmuran bangsa Indonesia

makayla said...

assalamualaikum...selamat pagi...
maaf dokter,,saya mau nanya..vitamin yang cocok untuk perenang,buat anak cewek umur 9 th apa ya..?
terus untuk makanan tiap harinya gimana...terima kasih