Pages

Tuesday, March 15, 2016

Pernah Bronkitis, Mungkinkah Kena Emfisema di Usia Muda?

Dok, saya didiagnosis bronkitis beberapa tahun lalu, terus sudah mulai sembuh dan hilang batuk serta sesaknya. Dan sekarang-sekarang ini saya batuk lagi dan makin sesak.

Periksa ke dokter dan dirontgen lagi ternyata kena gejala PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis) yaitu emfisema. Saya baca-baca kalau emfisema itu biasanya yang kena orang-orang usia lanjut, tapi saya baru 23 tahun, apa memungkinkan Dok? Terimakasih.

Wiwid (perempuan, 23 tahun)

Jawaban

Mbak Wiwid yang baik,

Penyakit emfisema pada umur 23 tahun sebanarnya sangat jarang, bisa terjadi pada orang muda dengan kelainan genetika karena PPOK definisinya di atas 40 tahun.

Namun dari gejala yang mba utarakan kecenderungan asma lebih besar karena ada komponen batuk dan sesak. Apakah sampai terdengar bunyi nafas ngik-ngik? Bila ada maka kuatlah kecenderungan kearah diagnosis asma.

Saya rekomendasikan ke spesialis paru terdekat dengan membawa foto rontgennya untuk kepastian apakah ini asma atau Emfisema.

dr Frans Abednego Barus, SpP

No comments: