Pages

Friday, January 2, 2009

Rasa Sakit dan Solusi Hidup Sehat

Sakit gigi

Gigi juga bagian tubuh yang tumbuh, walaupun tampak keras. Gigi senantiasa terancam, terutama oleh tingginya kandungan gula dalam makanan kita. Bakteri mengubah gula itu menjadi asam yang merusak email, lapisan pelindung gigi. Bila ini terjadi, keropok akan menyebar sampai ke saluran saraf di akar gigi atau gusi, baik yang terasa samar ataupun menyengat, perlu segera diperiksakan kedokter gigi.

Sulit menelan

Umumnya sulit menelan terjadi akibat infeksi yang menimbulkan perih, bengkak, dan banyak lendir dibalik tenggorokan. Namun sulit atau sakit untuk menelan yang tak berkaitan dengan serak di tenggorokan bisa memerlukan gejala dari suatu gangguan serius dan perlu segera mendapat perawatan dokter.

Perih di mulut atau lidah

Rasa nyeri di daerah bibir, lidah, dan gusi, umumnya merupakan gangguan ringan. Kebanyakan gangguan ringan akan sembujh dalam beberapa minggu. Semua keluhan yang bertahan lebih dari 3 minggu, perlu mendapat perhatian dokter atau dokter gigi. Jagalah kesehatan gusi dan selaput lunak dibagian dalam mulut.

Muntah

Muntah terjadi bila otot disekitar perut berkontraksi tiba-tiba dan melemparkan isi perut. Biasanya hal ini karena adanya luka pada lambung akibat infeksi atau makanan yang menyengat atau alkohol, namun bisa juga akibat adanya gangguan pada saluran pencernaan. Kadang-kadang gangguan yang mempengaruhi sinyal-sinyal syaraf dari otak, atau mekanisme keseimbangan tubuh di telinga bagian dalam, juga bisa mengakibatkan muntah. Pengidap migren kambuhan umumnya mengenali gejalanya, namun bila muntahnya disertai sakit kepala atau perut yang sangat, perawatan medis amat diperlukan.


No comments: