Pages

Sunday, February 22, 2009

Cara Mudah Memelihara Kesehatan

Sakit telinga

Sakit telinga amat beragam bentuknya. Bisa seperti berdenyut samar sampai rasa menusuk yang amat ngilu. Keluhan ini umum dialami anak-anak, tetapi sangat jarang terjadi pada orang dewasa. Sakit telinga biasanya timbul akibat infeksi dan memerlukan perhatian medis dan pengobatan antibiotik.

Telinga berdering

Bila telinga terasa mendering, mendering atau mendesisi, Anda mungkin mengalami suatu gejala yang dikenal bernama tinnitus. Gejala ini dapat menunjukkan adanya beberapa bentuk gangguan pada telinga.

Tuli

Ketulian, gangguan pendengaran terhadap beberapa atau semua suara, dapat timbul berangsur-angsur dalam waktu bulanan atau tahunan, atau terjadi secara tiba-tiba hanya dalam hitungan hari atau jam saja. Bisa terjadi pada salah satu atau kedua telinga sekaligus. Hampir semua kasus ketulian akibat infeksi atau telinga tersumbat kotoran, dapat diobati.

Hidung berlendir

Penyumbatan hidung oleh lendir, kental ataupun encer, adalah gejala yang sangat umum. Hampir semuanya disebabkan oleh iritasi mucous lunak yang melapisi hidung. Hal ini bisa terjadi akibat suatu infeksi, atau reaksi alergi, ataupun akibat iritasi setempat.

Tenggorokan serak

Banyak orang yang sesekali terserang serak atau sakit dan pedih ditenggorokan. Biasanya akibat suatu infeksi ringan atau iritasi setempat, dan hampir selalu hilang sendiri dalam beberapa hari.

No comments: