Pages

Wednesday, March 25, 2009

Anak-anak Remaja

Pubertas terlambat

Pubertas adalah tahap perkembangan dimana seorang anak mengalami perubahan fisik yang merupakan transisi ke masa dewasa. Anak leleaki maupun wanita bertambah tinggi dan berat secara pesat dan kelenjar keringat apocrin menjadi aktif. Perubahan fisik pada gadis perkembangang karakter seksual sekunder seperti pada payudara, dan bulu-bulu kelamin dan ketiak; disamping munculnya haid bulanan. Pada anak lelaki mulai tumbuh bulu-bulu diwajah dan bagian lain tubuhnya, suara membesar, dan alat genitalnya membesar. Usia masa puber bersifat diturunkan, hingga anak yang ibunya terlambat mengalami masa piber, cenderung akan terlambat pula usia pubernya; atau seorang anak lelaki jangkung cenderung akan mengalami puber lebih dini dibanding yang bertubuh pendek dan kecil. Usia dimana berbagai perubahan puber dialami anak gadis maupun pemuda. Umumnya lambatnya usia puber tak perlu dicemaskan secara medis. Namun bisa juga hal itu disebabkan oleh adanya penyebab lain. Pelajari diagram ini bila keterlambatan puber putera/i Anda tampak tak wajar.


Masalah kelakuan remaja

Remaja, periode transisi antara masa anak-anak dan masa dewasa adalah masa-masa timbulnya kesulitan dan perselisihan antara anak dengan orang tuanya atau siapapun yang mencerminkan kekuasaan. Hal ini karena secara fisiiologis si anak sedang mengalami sesuatu yang baru dan meresahkannya, akibat dimulainya aktifitas hormonal di usia puber; serta faktor-faktor sosial dan psikologis, yaitu kebutuhan untuk mandiri secara emosional maupun dalam praktek sehari-hari. Banyak keluarga yang punya anak remaja mengalami berbagai pertengkaran sengit--mengenai gaun pilihan, bahasa, atau sikap umum lainnya namun jika orang tua cukup luwes dalam menjaga pola rumahtangga maka kerukunan keluarga tak perlu dikorbankan. Umumnya masa ini bisa dilalui dengan mulus. Namun bila Anda merasa bahwa masalah yang timbul sudah diluar kendali, atau bila mencemaskan anak Anda bisa mencelakakan didirinya sendiri baik dari sudut kesehatan ataupun dari sudut hukum, sebaiknya konsultasikan hal itu dengan dokter. Walau perawatan medis amat jarang diperlukan, mungkin dokter bisa memberi saran agar Anda bisa menempatkan diri dengan baik.


Gangguan kulit pada remaja

Diawal masa remaja seringkali timbul suatu perubahan dikulit. Kudis yang biasa menjangkiti anak-anak, akan lenyap diusia remaja, namun akan muncul bentuk lain sebagai akibat kontak dengan logam tertentu atau kosmetik, berupa bercak merah gatal. Selain itu, masalah yang lainnya juga bisa muncul akibat infeksi atau penularan melalui sentuhan dengan remaja lain. Wlau demikian, perubahan kulit yang paling nyata diusia remaja adalah akibat peningkatan hormon seks yang membuat kelenjar-kelenjar sebaseus di kulit meningkatkan jumlah sebum-- bahan lemak yang membantu melumas dan melindungi kulit. Aktifitas sebaseus itu tak hanya membuat kulit berminyak, tapi juga merangsang timbulnya jerawat, masalah utama yang banyak dialami remaja. Ada beberapa jenis jerawat dan berbagai tingkat keparahan. Pelajari diagram ini bila Anda kurang yakin tentang apa, bila ada, perawatan yang sesuai untuk jerawat atau kulit Anda yang berminyak.

Masalah berat badan pada remaja

Pesatnya penambahan tinggi badan remaja dan perkembangan proporsi tubuh dewasa bisa membuat remaja tampak terlalu kurus atau terlalu gemuk. Usia remaja juga merupakan usia amat peka terhadap penambilan, dimana banyak timbul kecemasan yang tidak perlu. Para gadis remaja seringkali lebih peka terhadap adanya perubahan kecil ditimbangan badannnya. Mereka juga lebih mudah terpengaruh oleh anorexia nervosa, gangguan yang berkaitan dengan berat badan paling serius pada remaja. Namun walau umumnya pemuda jarang yang terlalu kurus (kebanyakan malah kegemukan), saran simpatik dan menunjang akan sama pentingnya seperti bagi gadis. Untuk mengetahui apakah pertambahan berat dan tinggi berlangsung seimbang. Perbedaan kecil dari kurva standar tak perlu membuat kecil hati, namun diagram ini perlu dipelajari bila ada perbedaan 3 kg (lebih ataupun kurang) dari standar pada usia dan tinggi yang sesuai.

3 comments:

Anonymous said...

Dok, sy gadis 22 thn, sy punya mslh dgn tinggi badan sy( tinggi sy 150 cm). Yg ingin sy tanyakan, apa sy msh bs bertambah tinggi lg, sy ingin sekali mencoba berbagai macam cara "peninggi Badan" yg di pasarkan di media, tapi sy msh ragu. Mohon di jawab pertanyaan sy... Terima kasih

lololili said...

Apa sperma bisa nembus 6 lapis celana? 2 celana sekolah, 1 celana bola, 1 celana tidur, dan 2 celana dalam? mohon dijawab ya dok. Terimakasih sebelumnya

Unknown said...

Dok... tolong jawab pertanyaan saya ya...
saya tingginya 150cm (laki")
nah saya pengen punya badan ideal
apakah ada cara cepat dok... soalnya saya sudah berolahraga dan lain sebagainya..
saya mencoba produk" peninggi badan tapi tidak signifikan..
apakah produk "Grow Up Super USA" berpengaruh sekali dok?
efek sampingnya apa? dan apakah 100% Halal dan aman?