Pages

Tuesday, November 3, 2009

Benjolan Pada Payudara dan Flek Paru

kepada yth dokter
dok,anak saya berumur 8 bln perempuna 2 hari ini di payudara sebelah kanan kalau diraba seperti ada benjolan kecil seperti kalo anak menginjak remaja payudaranya mengalami perubahan kalo org jawa bilang "mringkili'.temen saya bilang kalo itu salah satu tAnda anak menderita flek paru paru.( anak saya mudah berkeringat kalo tidur sejak bayi selalu diruang ber ac dengan temperatur ruangan 27-29 ) menurut dokter apakah bener pendapat teman saya tersebut ?anak saya BB lahir
3.5 kg sampai skr berat badan cuma 7 kg padahal makannya lumayan banyak pagi hari bubur susu ( dari roti milna 3 keping ) siang jam 11 dan sore +/- pk 16 nasi tim dengan sayur ,cakar dan salmon kukus malam hari jam 7 kalo anak blom tidur saya beri makan lagi roti atau pisang atau alpukat .dalam sehari masih saya beri air jeruk bayi atau air kacang hijau susu kaleng hanya mau sedikit cuman 90-120 ml sehari tetapi siang dan sore masih minum asi malam hari full asi sesuka dia .menurut dokter sudah cukup gizikah anak saya ?berapa berat ideal anak saya yang seharusnya ( dokter anaknnya bilang kalo anak saya tms kategori kurang cenderung gagal tumbuh ) terimakasih untuk jawabannya.

-aida-



Jawaban:

Ibu Aida yth,

Beberapa gejala yang Anda sebutkan terdapat pada anak Anda memang merupakan gejala “flek paru” atau yang dalam bahasa medis disebut tuberkulosis paru. Jadi ada kemungkinan anak Anda menderita penyakit tersebut.

Gejala yang kami maksud diantaranya adalah berat badan yang susah naik serta sering berkeringat pada malam hari. Benjolan yang merupakan pembengkakan kelenjar getah bening juga sering menyertai penyakit ini, walaupun biasanya benjolan tersebut berlokasi di ketiak atau di leher, dan sangat jarang berlokasi di payudara.
Masih ada beberapa gejala lain yang sering terdapat pada anak-anak dengan tuberculosis paru, diantaranya batuk yang tidak sembuh-sembuh dengan pengobatan yang adekuat serta demam yang tidak terlalu tinggi.

Penting juga dicari apakah di lingkungan sekitar ada yang menderita penyakit serupa. Namun, untuk menegakkan diagnosis tuberkulosis paru pada anak tidaklah semudah menegakkan diagnosis tuberkulosis paru pada dewasa. Untuk memastikannya diperlukan beberapa pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan radiologi.

Untuk itu saya sarankan Anda segera menghubungi dokter anak atau rumah sakit terdekat untuk dapat memastikannya agar dapat segera dilakukan pengobatan yang tepat apabila anak Anda memang menderita penyakit tersebut.

Semoga anak Anda lekas sembuh.


(Dr. Tri Handayani)

No comments: