Pages

Saturday, May 1, 2010

Keputihan Disertai Bercak Darah dan Haid Tak Teratur

dok, saya mahasiswi usia 21 tahun dan belum menikah. selama setahun lebih ini saya mengalami masa menstruasi yang tidak biasa; kadang teratur(tiap 28-30 hari), kadang hampir 2 bulan sekali. sementara itu, pada jarak antara haid satu dan berikutnya kadang terjadi keputihan yang beberapa kali berwarna kecoklatan. bahkan beberapa bulan terakhir keputihan tadi seperti bercampur darah. namun saya samasekali tidak merasakan sakit atau gangguan apapun, dan selama ini menstruasi saya juga normal(sekitar 5-7 hari) dan tidak disertai keluhan sakit perut yang hebat(hanya kram perut biasa yang tidak mengganggu)

Yang ingin saya tanyakan:
a. apakah mungkin saya terkena kanker rahim mengingat saya belum menikah dan belum pernah berhubungan seks?
b. adakah pengaruhnya pada kesuburan atau kemampuan memiliki anak?
c. adakah hubungannya dengan makanan?
d. apa saja penyebab kanker rahim?
e. atau apakah itu tanda2 adanya kista atau endometriosis? karena menurut yang saya baca dan ketahui, keduanya biasanya disertai gejala2 sakit atau nyeri hebat saat haid, sementara saya tidak pernah mengalaminya.
f. adakah hubungannya dengan berat badan? tinggi saya 158 cm dengan berat 44 kg, yang memang dibawah normal atau kurus

saya sangat mengharapkan jawaban dari dokter secepatnya, karena saya khawatir dengan kondisi saya saat ini. terima kasih banyak atas jawabannya
-Dini-

Jawaban:
Dini yang baik, sebelum saya menjawab pertanyaan Dini, mungkin ada baiknya saya menjelaskan terlebih dahulu jenis-jenis kanker/ keganasan yang dapat terjadi pada system reproduksi wanita. Secara garis besar, jenis kanker yang terdapat pada system reproduksi wanita ada 4 yaitu: kanker leher rahim (carcinoma serviks), kanker indung telur (carcinoma ovarii), kanker badan rahim (carcinoma corpus uteri), penyakit trophoblas ganas (PTG).Berikut penjelasan dari masing-masing kanker:
Â
Â
    Ca serviks   Ca ovarium   Ca corpus   PTG    Â
Keluhan
    Perdarahan, termasuk contact bleeding (perdarahan pasca sanggama)
Keputihan dengan bau yang khas
Nyeri panggul   Perut membesar   perdarahan   Perdarahan setelah hamil anggur    Â
Penyebab   Infeksi Human Papiloma Virus (HPV)   Genetik   Hormonal
genetik       Â
Kelompok wanita yang terserang   Wanita yang sudah menikah (pernah melakukan hubungan seksual   Usia muda sampai tua   Lebih banyak usia menopause   Usia subur    Â
Persentase   74,12%   11%      5.5%    Â
Faktor keturunan   _   +   +   _    Â
Cara deteksi dini   Pap smear   Periksa dalam
USGÂ Â Â USGÂ Â Â Darah (kadar HCG)Â Â Â Â Â
Pengobatan   Operasi dan sinar   Operasi dan kemoterapi   Operasi dan kemoterapi   Kemoterapi dan operasi  Â
Â
Dari penjelasan di atas, rasanya kekhawatiran Dini akan menderita salah 1 dari penyakit di atas dapat berkurang. Tapi Dini perlu tetap waspada jika keputihan yang Dini alami sering terjadi. Dini dapat memeriksakan diri kepada dokter apakah keputihan yang Dini alami masih tergolong normal atau tidak. Jika keputihan tersebut disebabkan oleh adanya infeksi kuman, tentu jika tidak diberi pengobatan dapat memberikan dampak yang tidak baik terhadap sistem reproduksi, salah 1 diantaranya penyumbatan saluran reproduksi yang pada akhirnya dapat menimbulkan gangguan fertilitas (kesuburan).Â
Demikian jawaban saya, saran saya untuk Dini, cobalah untuk hidup dengan pola yang lebih teratur, mengkonsumsi makanan yang bergizi dengan jumlah kalori yang sesuai kebutuhan, istirahat yang cukup, olahraga secara teratur, serta hindari faktor stres yang berlebihan. Mudah-mudahan dengan melakukan hal tersebut, kondisi hormonal Dini menjadi lebih seimbang, sehingga keluhan-keluhan yang Dini rasakan dapat hilang.
Demikian jawaban saya. Semoga jawaban yang saya berikan dapat menjawab pertanyaan Saudara. Jika kurang jelas atau masih ada pertanyaan lain dapat menghubungi kami kembali.

(Dr. Dewi Martalena)

2 comments:

Anonymous said...

Dok saya mau tanya .. Saya umur 16 dan baru ini saya mengalami keputihan tercampur dengan darah.. Saya sangat khawatir melihat bgitu banyak website yg mengatakan kalau keputihan disertai darah merupakan tanda tanda kanker serviks.. Saya memang sering mengalami keputihan, tapi baru kali ini keputihan nya disertai darah. Apakah ini merupakan tanda tanda kanker seviks? Apakah saya terkena kanker serviks ?

Anonymous said...

Dok saya mau tanya .. Saya umur 20 dan baru ini saya mengalami keputihan tercampur dengan darah.. Saya sangat khawatir melihat bgitu banyak website yg mengatakan kalau keputihan disertai darah merupakan tanda tanda kanker serviks.. Saya memang sering mengalami keputihan, tapi baru kali ini keputihan nya disertai darah. Apakah ini merupakan tanda tanda kanker seviks? Apakah saya terkena kanker serviks ?