Pages

Saturday, May 1, 2010

Tujuh Bulan Kandungan, Batuk-batuk, Sesak dan Sulit Tidur

saat ini, sudah 7 bulan usia kandungan istri saya tapi lebih kurang 2 minggu ia batuk-batuk dan sudah berobat kebidan dan dokter, batuknya berkurang tapi masih saja membuatnya sulit tidur dan belakangan ini ia sering merasa sesak yang dirasakannya di bawah dada persisnya ditengah-tengah, saya mohon penjelasan dokter terutama sesak yang ia rasakan sekali-sekali.Dapaknya gimana dokter bagi bayi dalam kandungannya.
-Rifai-

Jawaban:
Bp Rifai, pada wanita hamil di atas 7 bulan, ukuran rahim memang cukup besar dan mendesak ke perut bagian atas sehingga menekan diafragma (sekat yang membatasi rongga dada dengan rongga perut). Oleh karena itulah, istri Bapak sering merasa sesak, apalagi jika dalam posisi berbaring. Saran saya, untuk mengurangi rasa sesak ini, istri Bapak bisa mengambil posisi miring jika tidur. Terima kasih.
Demikian jawaban saya. Semoga jawaban yang saya berikan dapat menjawab pertanyaan Saudara. Jika kurang jelas atau masih ada pertanyaan lain dapat menghubungi kami kembali.

(dr. Dewi Martalena)

No comments: