Pages

Tuesday, July 20, 2010

Kondom Tertinggal di Vagina, Bisa Hamil?

Dokter, saya Ningsih (23). Saya dan suami belum berencana untuk memiliki momongan, oleh karena itu kami selalu menggunakan kondom karena dianggap sebagai kontrasepsi yang paling aman.

Beberapa waktu lalu, kondom yang dipakai suami sempat tertinggal dalam kemaluan saya, sampai akhirnya bisa dikeluarkan dalam kondisi masih baik.

Apakah saya bisa hamil karena kejadian tersebut? Apakah saya perlu memeriksakan kelamin saya sehubungan dengan peristiwa tersebut?

Kontrasepsi apakah yang paling aman, mengingat saya tidak mau mengkonsumsi obat-obatan ataupun memasukkan sesuatu ke vagina saya?

Terima kasih banyak atas bantuan dokter.

Nuriani Inten
[ojo_dumeh@hotmail.com]

Jawab:


Kontrasepsi yang paling aman adalah kondom. Jagalah jangan sampai tertinggal di dalam, artinya keluarkan penis sebelum dia lemas. Kalau sperma yang ada di dalam kondom sampai tumpah, artinya keluar dari kondom dan kamu kebetulan lagi subur, kehamilan mungkin saja terjadi.

(Dr Anita Gunawan SpAnd)

No comments: