Pages

Tuesday, July 20, 2010

Sentuhan Suami Tak Lagi Membuat Bergairah

Salam kenal dokter. Saya seorang istri berusia 30 tahun dengan tiga anak. Saya sudah menikah delapan tahun.

Sudah satu tahun ini gairah seks saya menurun. Sentuhan-sentuhan suami tidak membuat saya bergairah, meskipun itu di daerah yang sensitif. Di bagian-bagian yang biasanya bisa membuat saya bergairah ini tidak ada rasanya sama sekali. Saya harus berkonsentrasi untuk bisa merasakan foreplay.

Satu tahun yang lalu bisa yang sering memulai bercinta, tapi sekarang saya malah sering mengindar ajakan suami. Semoga dokter bisa membantu saya.

[f3liza@yahoo.com]

Jawab:


Ibu Felisa,

Yang terjadi pada Anda adalah penurunan atau hilangnya gairah seksual. Keadaan ini bisa terjadi karena dua sebab, yaitu psikologis dan organik.

Psikologis seperti pengalamam seksual yang buruk (seks sebelumnya sakit, kecewa, suami ejakulasi dini, dan lainnya), daya tarik suami menurun (perlakuan yang mengecewakan, fisik sudah tua dan tidak sesuai yang diinginkan, ada pembanding yang lain, dan lain sebagainya.

Sedangkan yang organik seperti kelelahan, tidak bugar, ada penyakit yang diderita, terjadi penurunan hormone DHEAS, atau menggunakan kontrasepsi hormonal.

Menghadapi keadaan yang terjadi, seharusnya Anda dan suami segera mencari solusi atau pengobatan yang benar, karena dapat berakibat tidak harmonisnya hubungan suami isteri.


(Dr Nugroho Setiawan, MS, SpAnd)

No comments: