Pages

Wednesday, July 21, 2010

Haid dan bau badan

Dear.

Dok...Saya karyawan swasta yang berusia 26 tahun. Setiap menjelang atau saat mentruasi, bagian-bagian tertentu tubuh saya mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Misalkan mulut yang mudah bau, keringat pada ketiak yang tercium kurang enak, atau rambut yang mudah berminyak dan kotor.

Nah, yang ingin saya tanyakan...Apakah ada hubungannya antara haid dengan bau-bau kurang sedap yang timbul di bagian-bagian tubuh tertentu? Lalu apa saran dokter untuk menghilangkan bau-bau tersebut? Apakah mengonsumsi minuman herbal berbahan dasar kunyit yang dijual di pasaran dapat mengatasinya?

Terima kasih banyak atas keterangan dan saran dokter sebelumnya.

Salam,
- Zara -

Jawaban : Â

Memang secara medis ada hubungan antara haid dan ketidakseimbangan hormonal. bisa timbul secara fisik maupun psikis. Bisa berupa jerawat yang banyak muncul akibat produksi kelenjar minyak yang berlebih, maupun emosi yang labil, mudah marah, tersinggung, gampang menangis dan sebagai berikut. Untuk kasus Zara, beberapa wanita juga mengalaminya. Untuk masalah hormonal kita tidak bisa mengaturnya, jadi yang bisa kita ubah hanya pola hidup kita.

Saran saya adalah

1. Kurangi konsumsi makanan yang dapat menimbulkan bau, misalnya petai, jengkol, bawang merah, bawang bombay, baik itu menjelang mens, atau saat mens, bahkan kalau bisa hindari makanan-2 seperti itu karena Zara tergolong orang yang sensitif dan dapat mengeluarkan bau tidak sedap nantinya.

2. Perbanyak minum air putih. Usahakan minum 8 gelas sehari. Kalau Zara tidak terbiasa, pada mulanya mungkin akan sering buang air kecil. Tapi tubuh kita akan beradaptasi, lama-kelamaan pola buang air kecil Zara akan menyesuaikan dan akan kembali seperti frekuensi yang biasanya

3. Pakai pakaian yang menyerap keringat, misalnya dari bahan katun. gunakan juga roll-on atau deodoran untuk menghambat pertumbuhan bakteri di ketiak. Apabila terasa gerah dan berkeringat, cepat keringkan atau ngadem istilah jawanya

4. Untuk rambut yang mudah berminyak, Zara yang harus mengalah. Pakai sampo tiap hari, biar penampilan tidak terganggu.

Yang penting, enjoy aja menerima apa yang ada dalam tubuh kita, jangan jadikan itu suatu beban, oke?

Salam

- Dr. Fatimah. P -

No comments: