Pages

Saturday, August 28, 2010

Referensi tentang Penyakit Tulang

Dokter yang terhormat,
saya seorang mahasiswa yang sedang membuat sistem pakar untuk mendiagnosis penyakit tulang. bisakah dokter memberikan referensi (data) tentang
1. macam-macam penyakit tulang (kategori), golongan atau level
2. Gejala-gajala penyakit tulang bersangkutan
3. Solusinya terhadap setiap penyakit tulang yang ada
demikian, semoga dokter bisa memenuhi permintaan saya, dan terima kasih.
-Anthoce-

Jawaban:

Saudara Anthoce,

Sulit saya menjawab pertanyaan saudara dengan singkat, mengingat kompleksnya permasalahan. Mengenai kategori, secara umum penyakit pada tulang seperti penyakit pada anggota tubuh lainnya dapat digolongkan sebagai berikut:

1. kelainan bawaan, misal:osteogenesis imperfecta, sindrom marfan, sindrom Aperts, dll
2. radang/inflamasi, baik yang spesifik seperti osteomielitis TBC, osteomielitis sypilis, maupun yang non spesifik.
3. trauma, berbagai macam patah tulang akibat kecelakaan dan sebagainya.
4. tumor, berbagai tumor jinak dan ganas, primer dan sekunder termasuk dalam dalam golongan ini.
5. degeneratif. Kelainan ini bisa primer akibat proses menua, atau sekunder akibat kelainan tulang yang lain. Contoh: low back pain, cervical pain, neck shoulder arm syndrom, dll
6. lain-lain. Termasuk di sini penyakit yang tidak dapat digolongkan dalam kategori di atas, seperti avitaminosis, kelainan metabolik (seperti kelainan tulang pada hiperparatiroid, dll), kelainan tulang yang belum diketahui sebabnya (seperti paget̢۪s disease of the bone), dll.

Mengenai gejala dan penatalaksanaan, tentu berdasarkan penyakitnya, ada yang bisa dengan obat-obatan atau dengan bedah, penyinaran, dll. Ada yang dapat diobati berdasarkan penyebabnya, ada juga yang hanya berdasarkan gejala yang timbul (simtomatis). Lebih jelasnya Saudara membaca literatur kedokteran tentang tulang ini. Anda dapat menemukannya pada buku-buku patologi, bedah, reumatologi, dan orthopedi. Salah satu buku yang dapat saudara baca : Textbook of Disorder and Injuries of the Musculoskeletal System, karangan Salter Robert. B.
Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat.



(dr. Edi Patmini)

3 comments:

Anonymous said...

saya mau tanyA BAGAI MANA DENGAN TULANG BERGESER pada bahu.
saya mengalami ini sejak saya baru lahir, kta orang tua dlu karena bidan yang menangani kelahiran saya terlalu memaksa saya saat di lahirkan
akibatnya antara bahu kiri dan kanan saya berbeda bentuknya
yang menjadi maslah adalah di bahu kanan saya, sya merasa bahu kanan saya ada yang menghambat untuk bergerak dan jika saya mengang kat tangan ke atas membutuh kan tenaga yang lebih untuk itu
bukan hanya itu, sya jg tidak bisa mengankat tangan kanan saya sendiri ke pinggul sya yang membuat saya sangat tertekan batin
saya mohon untuk jawabannya

Anonymous said...

selamat malam dok, saya Iyan laki - laki 20 tahun. Saya menderita CTEV atau kelainan pada kaki yang memiliki telapak bagian tengah sangat dalam dan punggung kaki yang tinggi serta betis yang kecil. Ini terjadi di kedua kaki saya. Jari - jari kaki saya pun membengkok. Saya juga tiak bisa jongkok. Bagaimana penyembuhannya dok? terima kasih

Anonymous said...

Terapi yang sangat dini akan dapat mencegah atau mengurangi gejala-gejala timbul. Untuk menentukan jenis terapi atau latihan yang diberikan dan untuk menentukan keberhasilannya maka perlu diperhatikan penggolongan CTEV berdasarkan klasifikasinya. Tujuan terapi pasien CTEV adalah membantu pasien dan keluarganya memperbaiki fungsi gerak dan mencegah terjadinya kecacatan sedini mungkin sehingga diharapkan penderita bisa mandiri. Untuk pasien yang telah dewasa, CTEV bisa dikoreksi dengan operasi osteotomi, yaitu dengan mengangkat tulang Talus. Namun tindakan operasi ini, pasien cenderung akan mengalami drop foot oleh karena m. Tibialis anterior yang terlalu lama terulur dan tidak pernah digunakan.