Pages

Saturday, August 28, 2010

Chikungunya dan Flu Tulang

Salam hormat,

Saya seorang karyawati(21) di sebuah perusahaan swasta di Jakarta. Saya ingin berkonsultasi dengan Mer-c, setiap bangun pagi, saya merasakan sakit yang amat sangat pada telapak kaki saya, jika diraba pada telapak kaki terdapat bagian yang mengeras, warnanya kemerahan. Apakah ini disebut asam urat ?

Persendian siku, lutut, kaki dan tangan saya juga sakit. Jika saya melakukan solat, amat terasa sakitnya. Kadang saya solat sambil duduk. Apakah ini tanda-tanda penyakit cikungunya?.

Oh iya, sebelumnya saya disarankan oleh dokter untuk periksa darah dan urine, hasil laboratorium mengatakan bahwa saya terkena kolesterol. Apakah itu benar?

Lalu apa saja makanan yang tidak boleh saya makan (pantang)?

Terima kasih atas jawabannya.

(Ayu)

---------------

Siang Dok,

1. Istri saya dalam dua hari ini tidak bisa jalan, tapi sebelum itu dia

panasnya tinggi kayak masuk angin terlambat. setelah itu waktu bangun pagi

dia jatuh dari tempat tidur, dan hari ini saya periksakan ke dokter katanya

gejala FLU TULANG. tapi kata dokter kalau dalam 3 hari ini belum sembuh

diminta untuk rontsen. apakah yang disebut dengan flu tulang itu dan kenapa harus di rontsen?

terima kasih atas jawabannya.

(woko)

Â

Jawaban:

Assalamualaikum Ibu Ayu dan Bpk Woko

Sebelumnya kami mohon maaf karena baru merespon surat Ibu Ayu dan Bpk Woko. Mengenai pertanyaan ibu mengenai kaki ibu, dimana ada bagian yang nyeri, mengeras, kemerahan, bisa jadi itu merupakan gejala asam urat, atau dalam bahasa kedokterannya disebut artritis gout. Gejala asam urat yang terjadi pada kaki biasanya terjadi pada persendian tulang-tulang kaki antara jari2 kaki dan telapak kaki. Sedangkan nyeri yang terjadi pada tumit biasanya disebabkan oleh karena peradangan selaput pembungkus otot atau dalam bahasa kedokterannya fasitis. Serangan nyeri biasanya datang pada pagi hari ketika bangun tidur, sedangkan pada malam sebelumnya penderita tidak merasakan apa-apa, rasa nyeri ini biasanya self limiting, akan berhenti dengan sendirinya dan sangat responsive dengan pengobatan. Kemerahan pada sekitar daerah yang nyeri bisa disebabkan karena proses peradangan yang terjadi. Untuk keperluan diagnosis dilakukan pemeriksaan laboratorium yaitu asam urat di dalam darah.

Artritis Gout bisa menimbulkan gejala ringan sampai berat tergantung produksi asam urat dan sensitivitas penderita. Hal ini terjadi karena penumpukan asam urat. Asam urat yang diproduksi oleh tubuh berlebihan dan terjadi penumpukan, pada beberapa orang bisa menyebabkan pembengkakan atau benjolan pada tempat-tempat tertentu, kemerahan dan sangat nyeri, dan bila sangat hebat penderita bisa tidak berjalan karena sangat nyeri. Pada beberapa orang bila terjadi peningkatan asam urat di dalam tubuh, hanya timbul pegal-pega

Asam urat berasal dari produk akhir salah satu nutrisi yang dikonsumsi yang dibutuhkan oleh tubuh. Biasanya bagi yang mempunyai riwayat asam urat tinggi menghindari konsumsi belinjo, emping, kacang2an, daging yang berlebihan. Bila telah terjadi pembengkakan dan nyeri hebat disarankan untuk menemui dokter untuk diberikan pengobatan antinyeri dan obat untuk membantu mengontrol jumlah asam urat di dalam tubuh.

Flu tulang yang dimaksud oleh dokter yang memeriksa istri Pak Woko mungkin dalam kedokteran bisa diterjemahkan sebagai arthritis. Sedangkan arthritis dapat dibagi dalam beberapa jenis lagi yang berbeda berdasarkan penyebab dan proses perjalanan penyakit, serta penatalaksanaannyapun tentunya berbeda.

Sayangnya Bapak tidak menyertakan gejala2 lain atau keterangan lainnya seperti umur, berat badan, bagian dari tubuh yang sakit sehingga menyebabkan tidak berjalan, dan gejala-gejala penyerta lain. Kalau ada gejala-gejala seperti yang telah saya uraikan diatas ada, maka mungkin istri Pak Woko menderita arthritis gout atau asam urat. Tapi bila dokter meminta untuk dilakukan rontgen hal ini dimaksudkan apakah telah terjadi kerusakan pada struktur sendi ibu. Bila telah mengetahui kerusakan yang terjadi maka dokter dapat menentukan tindakan yang akan diberikan. Begitu pula bila tidak terjadi kerusakan, maka dokter pun akan menyimpulkan jenis atritis yang lain, dengan tindakan atau pengobatan yang lain pula.

Kembali ke pertanyaan ibu Ayu, chikungunya disebabkan oleh gigitan nyamuk yang mirip dengan penyakit demam berdarah. Pada penderita chikungunya harus disertai demam. Chikungunya sendiri berasal dari bahasa salah satu suku di afrika yang berarti bungkuk dimana seorang penderita chikungunya timbul gejala demam dan tubuhnya membungkuk karena nyeri pada sendi-sendi besar di tubuh dan tulang belakang. Sehingga penderita tersebut takut menggerakan tubuh dan cenderung membungkuk. Kami rasa terlalu jauh menyimpulkan penyakit chikungunya pada ibu bila tidak disertai demam.

Saya mencoba meluruskan maksud dati kata-kata terkena kolesterol, karena setiap orang mempunyai kolesterol dan tidak ada penyakit kolesterol, yang ada adalah kolesterol berlebihan dapat menyebabkan penyakit. Hubungan kolesterol dengan pegal-pegal tidak begitu jelas, mungkin yang dirasakan badan yang kurang fit bila kolesterol darah meningkat. Dan penyakit yang ditimbulkan oleh kolesterol ini timbul bila kolesterol tersebut berlebihan dalam waktu yang lama. Pantangannya adalah makanan berlemak dan berminyak seperti goring-gorengan dan jeroan. Terima kasih semoga dapat membantu.

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat. Terima kasih atas pertanyaannya.

Wassalam.

 (Dr. Fachrisal)

No comments: