Pages

Saturday, August 28, 2010

Cedera Pergelangan Tangan

Dear dokter,

Nama saya Metty, usia 43 tahun. Keluhan saya adalah pergelangan tangan kiri pada pangkal ibu jari terasa sakit. Awal kejadian bulan Agustus 2004 saya tertidur dengan tangan kiri tertindih kepala, dan ketika bangun pergelangan tangan terasa sakit. Ketika digerakkan agak memutar, pergelangan tangan berbunyi dan sakit.

Saya telah melakukan tusuk jarum 2 kali bulan Oktober dan November dan sekarang pergelangan sudah tidak berbunyi, sudah lebih kuat bila digunakan untuk beraktivitas. Tetapi rasa nyeri masih ada, misalnya sewaktu memegang buah dan mengupasnya (tidak bisa memegang dengan kuat).
Setiap bangun tidur pagi hari pergelangan tangan sangat pegal dan kaku, serta harus digerak-gerakkan beberapa waktu untuk bisa beraktivitas.

Pertanyaan saya, penyakit apakah yang saya alami, apakah tusuk jarum pengobatan yang cocok, dan apakah bisa sembuh dengan sendirinya dengan berlalunya waktu?

Terima kasih,
-Metty-

Jawaban:

Dear Ibu Metty,

Berdasarkan cerita ibu, saya menduga Ibu mengalami cedera pada persyarafan di pergelangan tangan. Ini terjadi karena waktu Ibu tidur menindih pergelangan tangan, pendarahan ke arah tersebut menjadi terganggu. Kurangnya suplai darah pada persyarafan pada mulanya akan menimbulkan gangguan awal persyarafan, yang ditandai dengan adanya kesemutan.

Jika pada awal gangguan timbul, Ibu segera berobat ke dokter, kemungkinan sembuh masih ada, namun dengan telah berlalunya waktu yang cukup lama, kerusakan syaraf tidak bisa diperbaiki lagi. Jaringan syaraf memang tidak bisa regenerasi, sehingga sekali rusak tidak bisa sembuh lagi. Namun Ibu jangan berkecil hati, meski sulit tangan Ibu bisa berfungsi baik yaitu dengan mengaktifkan jaras-jaras syaraf yang masih sehat. Untuk ini Ibu perlu latihan teratur dengan gerakan รข€“ gerakan tertentu. Ibu bisa minta bantuan dokter rehabilitasi medik untuk melatihnya.

Kemungkinan lain, telah terjadi pergeseran tulang dari persendian sehingga tangan bila digerakkan berbunyi dan sakit. Untuk memastikan masalah ini Ibu bisa berkonsultasi dengan dokter bedah tulang(orthopedist). Selanjutnya bila benar, dokter akan menatalaksana lebih lanjut.

Untuk masalah akupuntur (tusuk jarum), penyakit tertentu memang bisa disembuhkan. Namun sebaiknya Ibu berkonsultasi dulu dengan dokter Bedah atau dokter rehabilitasi Medik sehubungan dengan sakit Ibu. Bila mereka menyarankan ke akupuntur, Ibu dapat meneruskan pengobatan dengan akupuntur.

Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu mengatasi masalah Ibu. Terima kasih atas pertanyaan.


(dr. Edi Patmini)

3 comments:

Anonymous said...

pagi dok. engkel saya bengkak karena jatuh saat basket. awal jatuh bengkak di engkel sangat besar dok.. kini sudah 2 bulan dan bengkak masih ada, terasa sangat kaku, dan sakit ketika di buat tumpuan lari kecil/ lompat bahkan kadang terasa nyeri.. kaku saat di tekuk ke atas dan bawah dan sulit di buat jongkok..
mohon saran dan info dari dokter sebelumnyaa saya ucapkan terima kasih

Unknown said...

sore dok, makasih sebelumnya dah mau menjawab.
umur saya 33 thn, tgl 14 bln aprl pada siang hari saya jatuh dan menyebabkan jari kelingking tangan kanan saya bengkak , tdk ada luka diluar daerah yg bengkak. mlm hari saya pergi ke tukang urut namun bengkak ya tdk berkurang. sudah 3 tukang urut saya datangi tapi jari saya masih belum bisa ditekuk atau diluruskan,. bengkak ya sudah berkurang namun di ruas ujung jari kelingking kanan saya (samping kanan) ada bengkak yang keras dan tidak sakit klu di pijit sehingga ujung jari saya berbelok beberapa derajar kekiri. pada ruas tengah jari kelingking bengkakya lbh besar dan mengelilingi ruas jari, ada rasa sakit klu dipjit. Setelah minum obat anti biotik ada rasa gatal pada daerah yang bengkak

Unknown said...

sore dok, makasih sebelumnya dah mau menjawab.
umur saya 33 thn, tgl 14 bln aprl pada siang hari saya jatuh dan menyebabkan jari kelingking tangan kanan saya bengkak , tdk ada luka diluar daerah yg bengkak. mlm hari saya pergi ke tukang urut namun bengkak ya tdk berkurang. sudah 3 tukang urut saya datangi tapi jari saya masih belum bisa ditekuk atau diluruskan,. bengkak ya sudah berkurang namun di ruas ujung jari kelingking kanan saya (samping kanan) ada bengkak yang keras dan tidak sakit klu di pijit sehingga ujung jari saya berbelok beberapa derajar kekiri. pada ruas tengah jari kelingking bengkakya lbh besar dan mengelilingi ruas jari, ada rasa sakit klu dipjit. Setelah minum obat anti biotik ada rasa gatal pada daerah yang bengkak