Pages

Friday, October 1, 2010

Benjolan di leher

Salam sejahtera,

Dr. yang baik, saya wanita berumur 24 th, desember tahun 2005 saya pernah mengalami flu dan batuk sampai 1,5 bln. Sudah ke dokter tapi sembuh dan kambuh lagi, pada waktu itu saya merasakan ada benjolan di sekitar leher saya, setelah itu saya periksa ke dokter dan disuruh untuk rontgen dan hasilnya bagus, kemudian saya sempat USG di leher dan hasilnya benjolan itu thyroid sebelah kiri mengalami pembesaran sedikit dibanding yang kanan. Setelah itu saya dirujuk ke dokter bagian dalam untuk diperiksa lebih lanjut. dr. saya mengatakan saya harus scaning di RSCM untuk bisa mengetahuinya karena dari hasil USG dia belum bisa memastikan dengan jelas. Setelah di scaning dr. mengatakan pembesarannya tidak terlalu mencolok hanya saja lagi-lagi dia belum bisa memastikan apakah penyakit saya. Dia hanya menyangsikan benjolan itu hanyalah kelenjar gondong yang nantinya akan mengecil kembali. Kemudian dia menyarankan agar saya kembali lagi sekitar 3 bulan untuk melihat apakah terjadi pembesaran kembali. Selama itu saya tidak diberi obat apapun. Kemudian setelah 3 bulan saya kembali lagi dan dr. tersebut memeriksa saya (saya berbaring dan meraba benjolan) kemudian dia mengatakan tidak ada perubahan bahkan katanya agak mengecil, dan tidak perlu diberi obat. Memang si dok, benjolan itu lebih terasa kalo saya sedang flu. Lalu dia menyarankan saya untuk biopsi untuk mengetahui cairan apa yang ada di situ. Hasil USG ke 2 kali, dr mengatakan benjolan itu berisi darah, dan untuk mengatahui cairan itu apakah bisa mengarah ke kanker atau tidak berbahaya saya harus biopsi, tapi sampai saat ini saya belum biopsi karena waktu itu saya langsung diterima bekerja dan tidak bisa ijin. pertanyaan saya,


1. Apakah benar itu hanya penyakit gondong?
2. Apakah penyakit gondong itu?
3. Mungkinkah itu sel tumor mengingat sampai sekarang benjolan itu tetap ada tapi menurut saya tidak membesar?
4. Adakah obat terapi untuk menghilangkannya?

Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan Terimakasih.

- Sutra-Â

Jawaban : Â

Tergantung hasil USG Thyroid dan Scaning Thyroid untuk mengetahiui adanya benjolan kecil di kelenjar gondok yang sulit diraba. Perlu biopsi jarum halus untuk memastikan benjolan tersebut jinak atau ganas. Saran saya, Periksakan diri anda ke ahli bedah tumor agar lebih jelas dan lega. Penyakit gondok adalah pembesaran kelenjar gondok atau ada benjolan di kelenjar gondok yang disebabkan oleh berbagai sebab.
Benjolan itu bisa disebabkan oleh tumor atau yang lainya.

Untuk pengobatanya, sebaiknya diperiksakan ke ahli bedah tumor.

- Dr. Ahmad Kurnia,S Pb K.onk-

1 comment:

renlie said...

dok,sy mau tanya klo kanker ota itu awal kejala nyaa apa ya?
soalnya saya baca2 di eb n di buku kejalanya sm ama yg au rasain,aku sudah dr usia 14thn an sakit kepala dan 2x tb2 pingsan,sakking sakitnya kepala saya semua bdn saya kaku kaya orang ngjang2 gt dok,apa mkin dok sy kena kanker otak.

thanks

renlie