Pages

Sunday, February 27, 2011

Perut sakit & keluar darah setelah senggama

Dokter..,sdh 2x dari vagina saya keluar darah setelah berhubungan dgn suami,pada
saat senggama posisi kaki saya di atas bahu suami, sehingga ada sedikit goncangan
pada perut bawah kiri dan terasa nyeri,apakah perut/rahim saya bermasalah? gejala
sakit apa ini dokter, berbahayakah?
saya sangat takut sekali,karena saya ingin cepat punya anak.
tolong dijawab ya dokter...
saya ucapkan terima kasih!

- Salmi - Â

Jawaban :Â

Perlukaan yang terjadi pada senggama pertama ialah robeknya selaput himen. Robekan selaput himen biasanya terjadi pada dinding belakang dan menimbul¬kan perdarahan sedikit, yang kemudian akan berhenti secara spontan. Akan tetapi-walaupun jarang-perdarahan bisa demikian banyaknya, sehingga diperlukan pertolongan dokter untuk menghentikannya.
Mari kita anggap kasus di atas senggama entah ke berapa kali dan sebelumnya normal-normal saja.
Prinsipnya, perdarahan saat senggama tidak normal alias ada sesuatu yang RAPUH dalam liang vagina yang bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan, yaitu:
1. luka dalam liang vagina
2. Infeksi yang lama, misalnya keputihan terus menerus karena kurang menjaga kebersihan/ higienis.
3. Tumor/ kanker

Perut bawah kiri yang bila dihubungkan dengan sistem peranakan adalah posisi ovarium kiri. Kelainan pada ovarium biasanya Kista Ovarium. Oleh karena itu sebaiknya segera diperiksa dengan teliti oleh dokter kandungan kepercayaan anda. Semoga jawaban ini memuaskan.

Terima Kasih

dr. Naf'an Akhun

No comments: