Pages

Tuesday, March 29, 2011

Nyeri Perut Kanan Bawah, Pasca Operasi Usus Buntu, Normalkah?

Dokter...

Sebulan yang lalu saya mengalami sakit di perut bagian kanan bawah, setelah diperiksa, dokter menyatakan saya terkena radang usus buntu dan disarankan untuk operasi. Namun mengapa seminggu terakhir ini saya mengalami rasa nyeri lagi di perut bawah bagian kanan? Apakah ada makanan yang di pantang pasca operasi usus buntu saya ini? Perlu diketahui juga bahwa 4 hari setelah saya menjalankan operasi saya sempat makan makanan yang pedas :) dan itu berakibat perut saya sakit selama 2 hari.
Terima kasih atas informasinya.

Wassalam

-tisa-

Jawaban:


Saudari Tisa...
Pada prinsipnya tidak ada makanan yang perlu dipantang setelah operasi usus buntu. Tetapi bila Saudari mempunyai penyakit saluran pencernaan lain sehingga sensitif terhadap makanan tertentu misalnya makanan yang terlalu pedas atau asam, sebaiknya dihindari.

Rasa nyeri perut di kanan bawah yang Saudari keluhkan berasal dari bekas luka operasi. Bekas luka ini akan sembuh dalam beberapa minggu sampai dengan beberapa bulan, yang tergantung antara lain pada status gizi,
terutama asupan protein dan vitamin C, ada atau tidaknya infeksi, ada atau tidaknya penyakit lain yang dapat mempengaruhi proses penyembuhan luka seperti kencing manis, penggunaan obat-obatan yang dapat memperlambat proses penyembuhan luka seperti obat-obatan golongan kortikosteroid, dan lain-lain.

Selama faktor-faktor yang dapat menghambat atau memperlambat penyembuhan luka tidak ada dan nyeri perut kanan bawah yang Saudari keluhkan tidak makin parah, Saudari tidak perlu khawatir, karena hal tersebut merupakan proses penyembuhan luka yang normal.

Demikian jawaban Saya, terima kasih atas
pertanyaannya. Semoga bermanfaat.



(Dr. Ramadhan, SpB.Onk)

2 comments:

Anonymous said...

hai dokter...


Saya seorang wanita usia 23 thn.saya mau tanya nich dokter...seminggu lalu saya menjalani operasi usus buntu,terus suami mengajak saya berhubungan intim,tapi saya menolak dikarenakan takut jaitan di dalam pasca operasi kecil tersebut bermasalah.pertanyaan saya kapan kira" saya di perbolehkan melakukan hubungan intim.apakah harus 1 bulan atau tdk?dan adakah dampak jika saya melakukan hubungan intim tersebut?maklum saja dok...kami baru 2 minggu menikah.
Mhn dijawab ya dok...
Trima ksh.

Thania Fikry said...

Dokter...

Saya pernah menjalani operasi usus buntu 1 tahun yang lalu. tapi pasca operasi perut saya sering sakit dan nyeri terlebih saat menstruasi hingga menimbulkan keram sampai ke kaki. Apakah ini efek dari operasi atau kenapa ya dock..?
Terimakasih.