Tuesday, June 19, 2012

Kepala Bagian Belakang Pening Tak Tertahankan?

Dok kepala saya kok pening banget ya. Kadang-kadang sakitnya tidak tertahankan, sakitnya di bagian belakang agak ke kiri, itu kenapa ya dok? Terimakasih.

Andika PR (Pria Lajang, 15 Tahun), andika_XXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 55 Kg

Jawaban

Nyeri kepala sebagian besar merupakan nyeri kepala primer yaitu nyeri kepala yang tidak berhubungan dengan penyakit lain. Nyeri kepala primer sebagian besar merupakan nyeri kepala tipe tegang atau nyeri kepala migren.

Nyeri kepala tipe tegang biasanya dicetuskan oleh kurang istirahat, kelelahan, posisi tidur yang salah, terlalu lama melihat monitor komputer atau mengkonsumsi alkohol atau monosodium glutamat (MSG).

Nyeri biasanya dimulai pada belakang kepala, kemudian menyebar ke bagian depan kepala. Sedangkan nyeri kepala migren merupakan nyeri kepala berdenyut, terasa di sebelah kepala, sering disertai mual atau muntah.

Bila nyeri kepala yang anda derita sangat berat atau terus menerus berulang, saya sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf. Apabila diperlukan dokter akan menganjurkan pemeriksaan penunjang berupa CT scan atau MRI kepala. Pengobatan nyeri kepala disesuaikan dengan penyebabnya dan derajat nyeri kepala.

Dr. Michael Setyawan SpS

No comments: