Pages

Monday, June 18, 2012

Ulu Hati Sakit, Apakah Pertanda Maag Kronis?

Saya sudah 1 tahun ini mengidap penyakit maag, gejalanya ulu hati rasa penuh atau sesak, kalau lama duduk, tubuh lemas, kalau berjalan rasanya jatuh, dan kepala pusing, perut kembung. Apakah itu gejala maag akut atau kronis?

Sutrisno (Pria Menikah, 33 Tahun), HadX_XXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 170 Cm dan Berat Badan 60 Kg

Jawaban

Dear Sutrisno,
Terimakasih atas kepercayaannya kepada kami.

Dari keluhan di atas, ada petunjuk kunci: perut kembung, ulu hati terasa penuh atau sesak, sudah 1 tahun. Semua petunjuk ini mengarah ke maag kronis (menahun) dengan kemungkinan diagnosis mengarah ke IBS (irritable bowel syndrome) atau sindrom iritasi usus.

IBS ditandai dengan munculnya berbagai gejala kronis yang berulang, seperti: rasa nyeri atau sensasi tidak nyaman di perut yang dirasakan berpindah-pindah, sesaat, frekuensinya tidak terlalu sering, nyeri dapat mereda, berkurang, menghilang atau merasa lebih nyaman baik saat maupun setelah buang air besar (BAB) atau kentut.

Dapat juga disertai: nyeri mereda atau membaik dengan BAB, tinja lebih sering atau lebih lembek saat nyeri berlangsung, perut kembung atau tegang (dapat berisi gas atau cairan) yang terlihat jelas, keluar lendir dari dubur, sensasi BAB tidak tuntas.

Semua ini berlangsung sedikitnya 12 minggu atau lebih selama 12 bulan terakhir, atau setidaknya 3 hari per bulan dalam 3 bulan terakhir dengan gejala telah berlangsung selama minimal 6 bulan.

Kemudian untuk keluhan: kalau lama duduk, tubuh lemas, kalau berjalan rasanya jatuh, dan kepala pusing, dipersilakan untuk terlebih dahulu memeriksa tekanan darah, memeriksa kadar hemoglobin, hematokrit, dsb (sudah tercakup di dalam pemeriksaan penunjang).

Untuk lebih memastikan diagnosis, silakan bersegera memeriksakan diri ke dokter terdekat.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat. Salam SEHAT!

dr. Dito Anurogo

1 comment:

Anonymous said...

Dok , mohon bantu saya dok . Dok , slama ini saya sering mengalami sendawa yang lebih dri 10x dlm sehari , perut terasa begah , penuh , dan kembung yang gak hilang hilang ,kalau ditekan dia mental , dan sering merasa nyeri di bagian perut kiri dan di sekitar pusar . atau di bawah pusar . ditambah lagi saya susah kentut , sering mual tapi tdk sampai muntah . badan lesu , uluhati aneh rasanya , kadang2 membuat saya jadi seperti susah nafas . 1 Tahun ini saya jarang makan , atau terlambat makan , suka makan pedas , asam , dan juga minuman berkarbonasi . dan suka bergadang sambil bermain laptop . saya merasa sering lapar . dan saya sering stres ketika tidak bisa kentut , perut langsung mulas , dan langsung membuat otak saya pusing lantaran terlalu cemas memikirkan jika hal2 negatif yg menyerang saya . saya jadi sering marah2 . kira2 apa yang terjadi pada saya dok ? saya cemas selama beberapa bulan terakhir ini . trimakasih dok