Monday, February 11, 2013

Balita 16 Bulan Sering Tak Respons Saat Dipanggil, Adakah Masalah?

Saya mau nanya tentang anak saya laki-laki yang sekarang berumur 16 bulan. Kalau saya panggil namanya sering tidak respons. Mohon beri pencerahannya. Thanks.

Afriwan Umar (Laki laki menikah, 29 tahun)
afriwanXXXXX@ymail.com
Tinggi badan 165 cm, berat badan 60 kg

Jawaban

Bapak Afriwan,

Biasanya memang bayi berusia 16 bulan sudah memiliki kemampuan mengidentifikasi suara orang yang memanggilnya apakah ia kenal atau tidak. Sehingga jika ayah yang memanggil maka ia bisa-bisa saja merespons dengan menengok. Namun, terdapat beberapa hal yang bisa menjadi kemungkinan mengapa anak Anda sering tidak merespons. Jika sering tidak merespons berarti ada saat-saat di mana ia merespons, coba perhatikan ia merespons Anda ketika dipanggil dalam intonasi suara yang seperti apa atau sedang berkegiatan apa?

Lalu kemungkinan selanjutnya adalah apakah anak Anda cenderung mampu merespon suara lain dengan baik? Jika tidak, sebaiknya Anda memeriksakan anak Anda ke dokter THT untuk mengecek kemampuannya dalam pendengaran.

Hal selanjutnya yang bisa menjadi kemungkinan penyebab adalah apakah ia memiliki kebiasaan menonton televisi terlalu lama sehingga ia tidak terbiasa dengan komunikasi yang sifatnya dua arah? Jika ya, maka Anda harus segera mengatur kebiasaan menonton televisi-nya menjadi maksimal 30 menit satu hari atau jika memungkinkan tidak diberi kesempatan menonton TV itu lebih baik sehingga anda bisa banyak memiliki kesempatan untuk melakukan interaksi dengannya.

Jika penjelasan diatas belum bisa menjawab pertanyaan Anda maka segera bawa anak Anda berkonsultasi dengan psikolog anak atau dokter tumbuh kembang.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: