Sunday, February 10, 2013

Jantung Bedebar Tiap Bangun Tidur, Apakah Bermasalah?

Saya mau tanya dok, kenapa setiap saya bangun tidur jantung saya pasti berdetak dengan kencang seperti orang kecapekan. Yang saya mau tanya apakah jantung saya bermasalah?

Doni (Pria Lajang 25 Tahun)
ayuXXX@live.com
Tinggi 170 cm dan Berat 60 kg

Jawaban:

Sebelumnya Bapak Doni sudah memeriksakan diri ke dokter dan melakukan tes pemeriksaan jantung? Dokter mengatakan apa ya? Jika belum kami menyarankan Anda untuk cek terlebih dahulu seperti tes EKG dan Holter Monitoring.

Jantung berdebar-debar memang patut kita curigai dan waspadai, karena gejala jantung berdebar-debar merupakan gejala penyakit jantung. Lalu, apakah Anda merasakan jantung berdebar-debar dengan detak jantung yang cepat dan pola irama jantung yang tidak teratur? Atau Anda merasakan detak jantung yang cepat, namun masih dalam pola irama yang teratur?

Jika Anda merasakan jantung berdebar-debar dengan pola detak jantung yang cepat dan irama yang tidak teratur, maka dinamakan gejala aritmia.

Kami juga ingin menanyakan berapa kecepatan detak jantung Anda saat istirahat? Untuk kecepatan detak jantung orang dewasa, normalnya adalah 60-100 kali per/menit. Jika lebih dari 100 kali/menit, maka dinamakan dengan Takikardia. Jika kurang dari 60 kali/menit, maka dinamakan brakikardia.

Mengenai penyebab jantung berdebar-debar sangat banyak, misalnya karena pengaruh obat, atau makanan, minuman, atau bisa karena pengaruh penyakit, kecapekan, dan kurang istirahat. Mengenai pengobatannya, disesuaikan dengan penyebab yang timbul dari gejala jantung berdebar-debar.

Jika masih ada pertanyaan, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter kami gratis dengan membawa hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya.

Profesor Xiao Mingdi

No comments: