Sunday, February 10, 2013

Gangguan Pencernaan Berkaitan dengan Sakit Jantung?

Dok, kakak perempuan saya usia 31 tahun selalu mengeluh lehernya nyeri. Dia juga punya keluhan gangguan pencernaan yang parah dan mual, katanya ini ada kaitan dengan sakit jantung ya dok? Kakak saya belum pernah konsultasi ke dokter jantung sebelumnya dok. Dia hanya merasa nyeri leher itu karena kebanyakan duduk di depan komputer, sedangkan gangguan pencernaan terjadi karena pola makannya saja. Tapi kalau habis naik tangga, dia selalu terengah-engah dan katanya dadanya jadi berdebar keras. Mohon pencerahan dokter.

Tita (Perempuan Lajang, 25 Tahun), nobvXXX@doramail.com,

Jawaban

Tita, sebelumnya kakak Anda sudah memeriksakan diri ke dokter? Dokter mengatakan apa ya mbak?

Mengenai nyeri dada, memang merupakan gejala yang wajib kita waspadai, karena gejala ini mirip sekali dengan gejala penyakit jantung. Namun, tidak hanya penyakit jantung, nyeri dada juga berkaitan dengan kondisi gangguan pencernaan. Oleh karena itu, harus diklarifikasi lebih lanjut apakah nyeri dada ini berasal dari jantung atau berkaitan dengan kondisi gangguan pencernaan.

Untuk mengklarifikasi dan mengetahui penyebab langsung terjadinya nyeri dada ini, kami menyarankan Anda untuk cek ke dokter umum terlebih dahulu. Jika nyeri dada itu memang berasal dari jantung, maka kami sarankan Anda untuk melakukan tes pemeriksaan EKG, rontgen dada dan ekokardiografi.

Namun, bila nyeri dada itu berasal dari perut (Gangguan pencernaan, GERD, maag), kami sarankan Anda untuk tidak minum kopi saat perut kosong, tidak makan-makanan pedas dan asam,

Nyeri dada yang berasal dari jantung gejalanya bermula dari nyeri dada khususnya di sebelah kiri, menjalar dari leher hingga tangan sebelah kiri, rasanya hingga kesemutan.

Selain itu, pasien juga merasakan sesak napas, sesak dada, hingga jantung berdebar-debar. Pasien selalu merasakan gangguan tidak bisa tidur dengan nyenyak, pusing, mual, muntah.

Profesor Xiao Mingdi

1 comment:

red said...

selamat pagi dok...
saya punya keluhan dada kiri sering g nyaman.. nyeri.. kdang di kanan juga... uluhati sakit bila di tekan rasanya mpe gigi... kadang lengan kiri sakit... punggung belakang sakit seperti tembus....
leher belakang jg sakit

saya jg sering melakukan pijat akupressur... dan titik kaki dimana titik jantung berada biasanya sering sakit.
saya sudah melakukan rekam jantung beberapa kali... echo radiografi.. dan tradmill..
semuanya bilang normal...

dokter bilang saya menderita maag...

saya harus bagaimana untuk memastikan hal tersebut...