Monday, February 11, 2013

Tiap Pagi Ada Dahak, Apakah Sakit Jantung?

Saya sering sesak napas dan lemas tiba-tiba, tiap bangun pagi pasti ada dahak di tenggorokan tapi setelah 30 menit kembali normal. Oh ya, saya dulu sering lari pagi, sering melakukan kegiatan yang keras misal naik gunung tapi tidak ada masalah.

Apakah saya ada kecenderungan mempunyai penyakit dalam dok, misal paru-paru atau jantung? Saya perokok, sehari 1 bungkus. Terimakasih.

Rizal (Pria Lajang 28 Tahun)
jali_XXX@gmail.com
Tinggi 175 cm dan Berat 54 kg

Jawaban:

Sebelumnya, Anda sudah memeriksa kan diri ke dokter? Dokter mengatakan apa ya? Jika belum, kami sarankan untuk cek ke dokter dan melakukan tes pemeriksaan jantung seperti EKG dan rontgen dada.

Mengenai sesak napas, memang patut kita curigai, karena gejala ini selalu berkaitan dengan gejala penyakit jantung. Namun tidak hanya berasal dari jantung, penyakit ini bisa juga bersumber dari penyakit lain, seperti :

1. sesak napas berasal dari asma
2. sesak napas yang berasal dari paru-paru seperti (kanker paru-paru, bronkitis, emfisema, dll)
3. sesak napas karena batuk.

Kami menyarankan Anda untuk berhenti merokok sekarang juga. Karena penyebab terbesar dari Anda terkena gejala sesak napas adalah merokok. Berhenti merokok adalah upaya untuk mengurangi penyebaran penyakit. Kami juga menyarankan Anda untuk olahraga teratur, minimal 1 kali sehari.

Mengenai penyebab pasti dari gejala yang anda rasakan saat ini, sebaiknya Anda konsultasi ke dokter spesialis paru-paru. Jika perlu Anda sebaiknya melakukan tes pemeriksaan rontgen dada dan EKG.

Demikianlah kami sampaikan, jika tidak mengerti akan hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya (rongen dada, medikal checkup), Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami, gratis tidak membawa sepeser uang pun, dengan membawa hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya. Terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi

No comments: