Pages

Sunday, March 24, 2013

3 Tahun Menikah Belum Pernah Merasakan Orgasme

Dok, saya sudah menikah 3 tahun dan belum dikaruniai anak. Selama ini ketika berhubungan saya tidak pernah mengalami klimaks, hanya rasa sakit yang saya rasa ketika pasangan saya penetrasi. Ada apa ya Dok dengan saya? Saya pernah divonis endometriosis dan cysta. Mohon penjelasannya. Terimakasih.

Azka (Wanita menikah, 28 tahun), azkaXXXX@ymail.com
Tinggi badan 150 cm dan berat badan 43 kg

Jawaban

Terjadinya kehamilan ditentukan oleh kualitas sel betina (ovum) dan sel jantan (spermatozoa), juga oleh saluran tuba (tuba eustachii) dalam rahim, tempat bertemunya kedua sel tersebut sebagai cikal-bakal janin.

Disfungsi orgasme dan nyeri pada vagina saat penetrasi penis disebabkan oleh lubrikasi (pelendiran) vagina yang tidak optimal. Hal ini bukan penyebab utama kemandulan. Penyebab utamanya adalah endometriosis dan cysta ovarium. Kedua penyakit perlu diterapi dengan baik oleh dokter spesialis kandungan yang handal dan berpengalaman. Biasanya dokter tersebut praktik di klinik infertilitas.

Usia Anda relatif masih muda, 28 tahun, kemungkinan untuk punya momongan tetap besar. Tetaplah berpikir positif untuk mengupayakan menyongsong bayi yang mungil.

Dr. Andri Wanananda MS

No comments: