Wednesday, June 26, 2013

Sekitar Vagina Sering Gatal Tak Tertahankan

Dok, kulit di sekitar vagina saya sering gatal-gatal dan berwarna putih kering mengelupas. Pernah 2 kali ke dokter dan diberikan obat jamur dan sembuh. Tetapi beberapa bulan kemudian kambuh lagi. Dan jika saya garuk karena tidak tahan gatalnya, lama-lama perih jika kena air. Kadang gatalnya sampai di dinding vagina. Apa yang harusnya saya lakukan dan apakah ada pantangan makanan? Atau sebaiknya menemui dokter langsung? Terimakasih.

Keke (Wanita lajang, 35 tahun)
cute.XXXX@gmail.com
Tinggi badan 160 cm, berat badan 52 kg

Jawaban

Salam Keke,

Dari cerita yang disampaikan, ada kemungkinan gatal yang berkembang disebabkan oleh berbagai faktor yang terus bertambah karena berjalan cukup lama. Untuk gatal dan kulit kering mengelupas perlu diperhatikan bahan yang kontak di sana. Sabun, cairan antiseptik, dan berbagai bahan yang digunakan saat berhubungan bisa menyebabkan reaksi gatal pada mereka yang mempunyai kecenderungan sensitif.

Jamur dapat tumbuh kemudian akibat adanya jamur yang tumbuh normal di kemaluan dan suasana lembab. Jamur menjadi masalah saat kulit sudah lecet teriritasi. Untuk itu harus diperhatikan kebiasaan selama ini. Penggunaan krim antijamur yang mengandung zinc oxid yang dapat dibeli bebas dapat dicobakan dioles pada kulit. Tidak ada pantangan makanan pada saat ini. Jika tidak kunjung tuntas sebaiknya diperiksakan.

dr. Eddy Karta, SpKK

No comments: