Pages

Friday, March 20, 2015

Haruskah Batu Ginjal Diatasi dengan Operasi?

Selamat siang Dok, bapak saya sekarang dirawat di RS dan dokter mengarahkan untuk melakukan operasi batu kemih. Kata dokter, itu memang harus dioperasi karena di tubuh bapak saya terdapat alat yang dimasukkan dokter ketika operasi pertama bapak saya.

Yang mau saya tanyakan, apakah harus dioperasi Dokter, tidak ada cara lain untuk mengeluarkan batu tersebut? Karena begitu banyak saya baca tentang penyakit batu kemih/batu ginjal/kencing batu itu bisa disembuhkan dengan cara laser/tembak dengan alat ESWL yaitu alat pemecah batu kemih? Sekian terimakasih.

Ellin Nidia Sinaga
sinagaellinXXXXXXXX@gmail.com
Tinggi 165 cm, berat 62 kg

Jawaban

ESWL adalah singkatan dari extracorporeal shock wave lithotripsy. Extracorporeal berarti sumber tenaga di luar tubuh, tidak dimasukkan dalam tubuh seperti sinar laser. Shock wave adalah gelombang kejut yang berupa gelombang suara. Lithotripsy artinya untuk memecah batu.

Keberhasilan pecahnya batu sangat bervariasi tergantung berbagai hal, di antaranya kondisi pasien, ukuran batu, letak batu. ESWL adalah tindakan invasif minimal, namun bukan berarti gelombang kejut yang diberikan tanpa resiko atau komplikasi. Pada umumnya ESWL digunakan apabila batu diperkirakan dapat dipecah dalam 1-2 kali sesi penembakan. Untuk alat yang dimasukkan memang harus diambil, pengambilan ini dengan teropong umumnya bukan operasi yang sebesar pemasangan.

dr. M. Ayodhia Soebadi, SpU

No comments: