Pages

Tuesday, June 16, 2020

Mata Terasa Mengganjal Setiap Berkedip, Padahal Tak Ada Apa-apa

Halo, Dok. Selama empat hari belakangan saya merasakan ada kejanggalan pada mata kanan. Setiap berkedip selalu ada yang mengganjal seperti batu kecil atau pasir posisinya selalu sama di sisi pinggir kiri dari mata kanan saya.

Awalnya saya kira hanya kelilipan tapi ini berlangsung selama empat hari. Setelah dicek juga tidak ada apa-apa, sepertinya bukan kelilipan.

Saya juga jadi sensitif atau peka terhadap cahaya dan sinar matahari. Kira-kira ini kenapa ya Dok? Dan apa solusi terbaiknya? Jika memang harus menggunakan obat mata di apotek jenis obat apakah yang cocok buat saya?

Terima kasih sebelumnya

Winda Arsinta (Wanita, 22 tahun)

Jawaban

Dear Winda, terima kasih atas pertanyaannya.

Saya sarankan anda periksa ke dokter mata mengenai hal ini. Kadang-kadang hal ini disebabkan adanya benda atau objek yang terselip di balik kelopak mata Anda dan menyebabkan keluhan rasa mengganjal.

Saya beberapa kali menemukan benda seperti debu, butir-butir scrub, sampai serangga semut yang menempel di balik kelopak mata pasien. Hal lain yang bisa menyebabkan rasa mengganjal adalah gangguan pada bagian hitam mata yang disebut kornea. Keluhan sensitif atau peka terhadap cahaya dan sinar matahari bisa disebabkan juga oleh gangguan pada kornea.

Saran saya agar segera diperiksakan untuk mengetahui penyebab pastinya dan setelah itu baru bisa dilakukan terapinya. Semoga cepat sembuh ya.

dr Zeiras Eka Djamal, SpM

No comments: