Pages

Thursday, December 25, 2008

Masalah Khusus Wanita

Haid terlambat

Haid biasanya dimulai pada usia antara 11 dan 14, walau ada yang belum juga muncul sampai beberapa waktu kemudian, khususnya pada gadis yang berat atau tinggi badannya dibawah rata-rata. Pada beberapa tahun pertama, munculnya haid mungkin tidak teratur dan siklusnya baru mapan setelah usia akhir belasan tahun, yaitu antara 24 sampai 35 hari. Tidak munculnya haid (amernorrhoea) bisa dialami para wanita sehat karena berbagai alasan; yang terbanyak adalah karena hamil. Faktor-faktor lain yang bisa mempengaruhi siklus haid antara lain sakit, tekanan jiwa dan kegiatan fisik yang berat. Ketidak hadiran haid amat jarang merupakan gejala kelainan tersembunyi. Adalah wajar jika haid terhenti untuk seterusnya diusia pertengahan. Pelajari diagram ini jika haid Anda tidak muncul atau terlambat sampai lebih dari 2 minggu.

Haid berat

Haid berat atau sering disebut menorrhagia adalah haid yang mengeluarkan darah lebih banyak dari biasanya. Ada sebagian wanita yang memang biasa haid lebih banyak dari wanita lain, tapi umumnya haid berlangsung selama 5 hari, dengan perdarahan hebat selama 3 hari pertama. Pelajari diagram ini jika haid Anda lebih lama dari biasanya, jika membutuhkan pembalut lebih banyak, atau jika terasa lebih berat dari biasanya. Berbagai faktor bisa menimbulkan haid hebat, antara lain kelainan pada dinding rahim ataupun pemakaian spiral KB (IUD). Namun, apapun dugaan penyebab haid berat ini, mintalah saran dokter, karena perdarahan berat dapat menimbulkan anemia.

Nyeri haid

Banyak wanita yang mengalami nyeri atau ketidaknyamanan selama haid. Nyeri ini, biasa disebut dysmenorrhoea, berbentuk rasa kejang diperut bagian bawah. Umumnya nyeri ini bukanlah suatu tanda gangguan kesehatan dan tidak mengganggu aktifitas harian. Namun jika nyerinya amat hebat atau jika lebih sakit dari biasanya, mungkin diperlukan penanganan dokter.

Perdarahan vagina yang tak biasa

Perdarahan vagina yang tidak biasa, meliputi haid yang tak teratur dan perdarahan diantara masa haid. Yang disebut terakhir itu bisa berbentuk "titik kecil" sesekali, atau lebih banyak. Kadang-kadang ketidak teraturan haid ini akibat fluktuasi hormon; misalnya pada masa remaja atau pada masa menjelang menopouse. Namun perdarahan diantara masa haid, terutama bila disertai nyeri atau bila terjadi pada usia pertengahan, bisa merupakan gejala serius yang perlu penanganan dokter.

Cairan vagina yang tidak wajar

Umumnya, vagina tetap lembab dan bersih oleh cairan yang dikeluarkan jaringan dinding vagina. Cairan tersebut terlihat sebagai cairan tipis keputih-putihan dari vagina. Jumlah dan kekentalan cairan ini berubah-ubah sesuai siklus haid dan dapat bertambah disaat timbul gairah seksual selama kehamilan ataupun pada penggunaan pil KB atau spiral KB. Cairan-cairan yang tampak tidak wajar, terutama jika disertai gatal dan panas disekitar vagina atau nyeri di saat berhubungan seks, bisa merupakan gejala adanya infeksi dan memerlukan penanganan medis. Pelajari diagram ini jika cairan yang keluar tampak berlebihan atau terdapat perubahan pada warna atau kekentalannya.


1 comment:

akviany said...

dok, sudah 3 hari ini ada cairan hitam pekat, kenyal keluar dari miss v, itu cairan apa ya dok?
apakah itu gejala kanker serviks?