Monday, March 28, 2011

Belum hamil jua

Assalamualaikum....

Dok, saya wanita 25 tahun telah menikah 6 bulan yang lalu yang ingin saya tanyakan :
1. Saya mohon tips gaya berhubungan yang bagaimana yang lebih berpotensi untuk menghasilkan keturunan.
2. setiap kami berhubungan, sperma selalu keluar kembali. apakah disebabkan oleh ukuran penis yang terlalu besar dan lubang vagina yang tidak terbuka lebar dok? terus terang saya masih sangat tabu mengenai ini dok.
3. Saya udah tes USG rahim normal dan terakhir tes PAPS SMEAR hasilnya cervicitis kronis non spesifik,negatif keganasan. apa kesimpulan dari tes tsb?
4. sebaiknya melakukan hubungan pada hari keberapa setelah haid pertama.siklus haid saya 27/ 28 hari normal setiap bulan nya
5. Saya mohon saran apa yang sebaik nya saya dan suami lakukan dk.
Terima kasih banyak atas jawabannya

- Ibu Resa -

Jawaban :

Wa'alaikum salam wr wb

Ibu Resa yang baik,

Kehamilan dapat terjadi jika sperma dan sel telur dapat bertemu sehingga terjadilah pembuahan. Hasil dari pembuahan tersebut jika dapat tertanam di dinding rahim, maka akan berkembang menjadi janin.

Jumlah sperma yang dikeluarkan dalam 1 x berhubungan intim jumlahnya jutaan, sementara telur yang dikeluarkan hanyalah 1 buah tiap periode. Oleh karena itu walaupun sebagian dari sperma yang masuk keluar lagi setelah berhubungan intim, banyak juga yang akan tertinggal di dalam dan berusaha berenang mencapai sel telur. Jika anda khawatir sperma keluar lagi setelah berhubungan intim, anda dapat mengganjal bokong anda dengan bantal sehingga mencegah sperma mengalir kembali keluar.

Kehamilan juga ditentukan oleh kualitas sperma yang keluar. Banyak orang yang ingin cepat hamil selalu berhubungan intim setiap hari, padahal, sperma yang baik biasanya matang dalam 3 harian. Jadi jika hendak mendapatkan momongan, jangan berhubungan intim setiap hari, namun beri jeda waktu agar suami dapat memproduksi sperma yang berkualitas.

Cervisitis adalah radang di daerah cervix atau mulut rahim yang sudah berlangsung lama, namun bukan kanker. Sebaiknya hal tersebut anda obati dengan tuntas.

Karena kehamilan ditentukan oleh bertemunya sel telur dan sperma, maka ada baiknya anda mencoba menghitung siklus menstruasi anda. Biasanya sel telur akan keluar pada sekitar 2 minggu sebelum haid anda datang (jika siklus haid anda teratur setap bulannya). Persiapkan diri anda dan suami disekitar waktu itu. Jika anda masih ragu apakah anda sudah mengalami pelepasan sel telur atau belum, anda dapat mencoba mencari tahu dengan alat test ovulasi yang sekarang sudah mulai banyak berear di pasaran.

Usahakan selalu makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup. Harap anda ingat, anak adalah suatu anugerah yang diberikan sang pencipta. Jika hingga sekarang anda masih belum dikaruniai anak sementara anda dan suami sudah melakukan pemeriksaan secara lengkap dan hasilnya keduanya dalam kondisi sehat, maka anda berdua hanya tinggal menunggu kapan yang maha Kuasa akan memberikan anugerah tersebut kepada anda.

Demikian jawaban dari saya, semoga anda memahaminya.

Wass,
dr. Ira Riza

1 comment:

Anonymous said...

Possible Readers of The Silver Bullet, The KOSA
Kalo masih belum mendapat momongan, sebelum terapi yang macam2 dan mahal lebih baik konsultasi ama ahli akupuntur, yaang saya tahu akupuntur sinshe HAN, seudah banyak menolong orang mandul.
Alamatnya google aja pake key word
"sinshe HAN"
semoga bisa membantu